Waspada 5 Efek Samping Makan Berlebihan Saat Lebaran

ERA.id - Lebaran merupakan momen yang dinantikan umat Muslim usai menjalani puasa Ramadan sebulan lamanya. Di momen ini keluarga berkumpul bersama sambil menikmati berbagai makanan khas lebaran.

Namun, mengonsumsi makanan lebaran harus secukupnya, sebab bisa berdampak buruk pada tubuh. Inilah beberapa efek samping yang akan diderita jika makan secara berlebihan saat lebaran, dilansir dari Healthline.

1. Memicu kenaikan berat badan

Semakin banyak makanan yang dikonsumsi, maka semakin banyak kalori dan lemak yang akan masuk ke dalam tubuh. Lemak yang terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak terkontrol.

2. Gangguan pencernaan

Makan secara berlebihan juga bisa menyebabkan gas berlebihan di dalam perut. Ini membuat sistem pencernaan akan tegang dan terganggu, yang bisa menyebabkan kembung, sembelit, hingga diare.

3. Meningkatkan risiko penyakit

Mengonsumsi makanan secara berlebihan juga bisa menyebakan munculnya berbagai penyakit pada tubuh. Seperti resistensi insulin, yang mana hal ini bisa meningkatkan risiko sindrom metabolic penyebab penyakit seperti stroke, diabeter, hingga penyakit jantung.

4. Buat mengantuk

Rasa kantuk yang signifikan juga akan dialami jika makan secara berlebihan. Hal ini disebut hipglikemia, yakni kondisi gula darah menurun secara drastis karena produksi insulin yang berlebih usai makan berlebih.

5. Meningkatkan kolesterol

Lemak jenuh yang ada pada kue lebaran dan daging yang disantap dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Lemak dan gula ini dapat menjadi kolesterol jahat, yang bisa memicu risiko penyakit jantung.