Deretan Dumpling Terbaik di Dunia 2024 Versi Taste Atlas, Ada Siomay Khas Bandung

ERA.id - Tahun ini platform Taste Atlas kembali melakukan penilaian terhadap beberapa dumpling terbaik di dunia 2024. Menariknya dalam daftar Top 10 mereka terdapat siomay khas Bandung.

Penasaran dengan berbagai kuliner yang menggoda selera? Mari kita simak daftar dumpling terbaik di dunia tahun 2024 ini.

Dumpling Terbaik di Dunia 2024

  1. Siomay

Siomay adalah hidangan asli Indonesia yang terdiri dari bakso ikan (berbentuk kerucut yang dikukus), telur, kentang, kol, tahu, dan pare. Setelah dikukus, semua bahan disusun di atas piring, dipotong menjadi potongan kecil, dan disiram dengan saus kacang pedas berlimpah.

Sentuhan terakhir siomay adalah kecap manis, sambal cabai, dan perasan air jeruk nipis. Siomay asli Bandung ini berasal dari shumai Tiongkok, dan diyakini berasal dari para imigran Tiongkok yang datang ke Indonesia selama periode kolonial Belanda.

  1. Guotie

Guotie, merupakan dumpling Tiongkok utara yang biasanya diisi dengan daging babi cincang, sawi Cina, daun bawang, jahe, anggur beras, dan minyak biji wijen.

Rahasia tekstur renyah dan lembut guotie lantaran memiliki metode khusus dalam memasak. Ketika bagian bawah dumpling digoreng, akan ada cairan yang ditambahkan ke wajan (yang kemudian ditutup) sehingga memungkinkan sisa dumpling dan isinya untuk dikukus.

Selain itu, guotie biasanya berbentuk panjang dan lurus agar lebih mudah berdiri dan tidak roboh selama proses memasak. Guotie dapat diterjemahkan secara harfiah sebagai "tongkat panci", sehingga dumpling ini sering disebut dengan sebutan potstickers, terutama di Amerika Utara.

  1. Tangbao

Nama tangbao atau tangbaozi merujuk pada sekelompok besar dumpling Tiongkok yang diisi sup dan dikukus. Meskipun demikian, pembuatan dumpling jenis ini bergantung pada asalnya.

Dumpling dapat dibuat dengan adonan dumpling beragi atau biasa yang biasanya dibungkus di sekitar isian berbentuk gelatin, kemudian akan diputar dan disegel di bagian atas, dan dikukus.

Saat dumpling dikukus, isian yang padat (biasanya terbuat dari daging babi cincang atau daging kepiting) akan berubah menjadi sup yang lezat (yang tetap aman berada di dalam kue).

Makanan lezat Tiongkok ini biasanya selalu disajikan segera setelah dikukus, sehingga sup tetap cair dan panas saat dinikmati.

  1. Hamamatsu gyoza

Hamamatsu adalah varietas populer dari gyoza Jepang yang diisi dengan kol, bawang, daging babi, dan bumbu pilihan.

Keunikan dari hamamatsu gyoza, ditandai dengan gaya penggorengan di mana koki mengatur gyoza dalam pola lingkaran (hanetsuke, sebuah teknik di mana bagian bawah renyah dan menghubungkan semua gyoza). Dengan teknik unik ini, mereka dapat menggoreng sebanyak mungkin gyoza pada saat yang sama.

gyoza (unsplash)
  1. Jiaozi

Dumpling Tiongkok yang dikenal sebagai jiaozi, terdiri dari selembar adonan yang digulung tipis yang berisi isian daging atau sayuran. Makanan ini adalah salah satu hidangan paling populer dan paling sering dimakan di Tiongkok dan Asia Timur.

Jiaozi dapat disajikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai hidangan utama, selalu dengan saus sambal berbasis kecap sebagai pelengkap. Secara tradisional, jiaozi selalu dimakan untuk Tahun Baru Tionghoa.

Dumpling jiaozi dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori berdasarkan cara memasaknya yaitu direbus, dikukus, dan digoreng.

Jiaozi juga memiliki berbagai teknik lipatan, namun yang paling populer adalah yang dikenal sebagai lipatan pinggiran dengan jempol. Lipatan tersebut akan menghasilkan jiaozi berbentuk bulan sabit dan menjadi bentuk paling populer di Tiongkok.

Selain dumpling terbaik di dunia 2024, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…