Polda Metro Gerebek Home Industry Pembuatan Tembakau Sintentis di Sentul Bogor

ERA.id - Polda Metro Jaya menggerebek home industry pembuatan tembakau sintetis di sebuah perumahan elite di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Minggu (28/4).

Dirresnarkoba Polda Metro Jaya, Kombes Hengki menjelaskan kasus ini berawal ketika penyidik mengamankan sopir ojek online (ojol) dan pelaku berinisial B. Pelaku B bermaksud mengantarkan paket narkotika melalui jasa ojol ke kawasan Tangerang Selatan. 

Pengembangan pun dilakukan dan polisi menangkap G yang merupakan pemesan barang haram tersebut. Interogasi pun dilakukan dan B mengaku jika masih ada narkotika di rumahnya. Polisi lalu melakukan penggeledahan di tempat tersebut.

"Ada 13 bungkus dengan aluminium foil, ini serbuk bahan bahan bersama ada 3 jeriken itu liquid bahan-bahan untuk diracik menjadi PINACA atau terkenal sekarang tembakau sintetis," kata Hengki kepada wartawan dikutip Senin (29/4/2024).

Polisi lalu mendapat informasi jika tembakau sintetis itu diracik di sebuah rumah di perumahan mewah kawasan Sentul. Penggerebekan pun dilakukan dan polisi menangkap S dan H.

"Semua kegiatan ini yang dilakukan baik dua tersangka atau pelaku yang sudah kita amankan dari BSD termasuk orang yang kita amankan di perumahan Mountain View ini, itu dikendalikan oleh seseorang yang berinisial F," ucapnya.

Hengki menyebut kasus ini masih dalam pengembangan. Pelaku F pun masih diburu.

Polisi mengamankan alat-alat maupun sarana yang digunakan pelaku untuk membuat tembakau sintetis. Pemeriksaan terhadap keempat pelaku masih terus dilakukan.