Tak Mau Buru-buru Tentukan Sikap Politik Selanjutnya, Anies: Kasih Jeda Dulu

ERA.id - Anies Baswedan mengaku dirinya belum menentukan langkah politik selanjutnya usai kalah di Pilpres 2024. Dia menyebut, saat ini masih memberikan jeda terlebih dahulu.

Hal itu disampaikan saat disinggung soal kemungkinan dirinya untuk maju dalam Pilgub Jakarta 2024 mendatang.

"Semua yang menyangkut langkah berikutnya, kasih jeda sebentar. Jeda, menata dulu, menutup buku," kata Anies usai menggelar halalbihalal sekaligus pembubaran Timnas AMIN di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024).

Anies justru berkelakar bahwa langkah politiknya kedepan masih menunggu jawaban dari doa Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin melalui shoalt istikharah.

Adapun sholat istikharah merupakan sholat sunnah yang mempunyai keutamaan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT agar ditetapkan pilihan yang terbaik.

"Basanya Gus Imin tuh istikharah-nya mantap. Kita nunggu istikharah Gus Imin dulu," kelakar Anies diikuti tertawa Cak Imin yang berada di sampingnya.

Disamping itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan, meski kini Timnas AMIN telah resmi dibubarkan, tapi semangat perjuangan perubahan yang lebih baik akan terus dilanjutkan. Namun, ia memastikan, dirinya tidak berencana mendirikan ormas maupun partai politik untuk melanjutkan perjuangan tersebut.

"Belum ada rencana untuk buat ormas apalagi partai politik. Jadi saya ingin sampaikan kepada semua bahwa kita akan meneruskan perjuangan perubahan ini dan akan terus bersama-sama membawa ide, tetapi formatnya dan lain-lain ini belum kita bahas dan belum ada sedikitpun ide, gagasan mengenai ormas apalagi partai," tegas Anies.

"Rasanya, perjalanan kemarin dengan PKB, NasDem, PKS, itu sudah perjalanan yang nyaman, baik. Nah, kita jaga ini," sambungnya.