Kenapa Raudhah Istimewa? Begini Sabda Rasulullah SAW

ERA.id - Raudhah adalah salah satu tempat yang sangat istimewa bagi setiap muslim, khususnya bagi semua muslim di Madinah. Raudhah merupakan bagian dari Masjid Nabawi yang lokasinya berada di antara mimbar Rasulullah SAW dan rumah beliau di Madinah. Namun, tahukah Anda, kenapa Raudhah istimewa? Simak ulasannya di bawah ini.

Kenapa Raudhah Istimewa?

Di bawah ini adalah beberapa keistimewaan Raudhah di Madinah yang diyakini oleh setiap muslim:

Pahala yang Besar untuk Orang yang Beribadah di Sana

Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan, Rasulullah SAW bersabda, "Antara rumahku dan mimbar adalah salah satu taman dari taman-taman surga, dan Raudhah adalah salah satu bagian dari taman tersebut."

Oleh karena itu, setiap orang yang sedang singgah di Raudhah dan melakukan ibadah, akan menerima ganjaran atau pahala yang besar.

Menjadi Tempat yang Diberkahi oleh Allah SWT

Raudhah adalah salah satu tempat yang sangat diberkahi oleh Allah SWT. Hal ini dikarenakan Rasulullah SAW semasa hidupnya sering berdoa di tempat tersebut. Oleh sebab itu, Raudhah menjadi tempat yang sangat suci dan dianggap sebagai salah satu tempat yang paling sering dikunjungi semua muslim untuk berdoa.

Ilustrasi Masjid Nabawi (Photo by Ayse Bek on Unsplash)

Dilindungi dari Dosa

Hadits riwayat Tirmidzi menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang bersuci di rumahnya, kemudian datang ke Masjid Nabawi untuk shalat fardhu, maka ia seperti orang yang berhaji." Dalam konteks tersebut, Raudhah adalah tempat yang sangat diberkahi sebab setiap orang yang menjalani shalat di Raudhah, maka akan dilindungi dari dosa dan kesalahan.

Pintu Surga

Dalam hadits riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, "Antara rumahku dan mimbar adalah salah satu taman dari taman-taman surga, dan Raudhah adalah pintu dari surga." Sudah jelas, hal ini merupakan petunjuk bahwa setiap orang yang berada di Raudhah dan menjalani amal ibadah kebaikan, niscaya menerima kemudahan untuk menjadi penghuni surga.

Kesempatan bagi Setiap Muslim untuk Berdoa

Raudhah juga diyakini sebagai tempat yang sangat istimewa sebab setiap orang yang berada di Raudhah diberikan kesempatan untuk berdoa dan beribadah dengan lebih khidmat. Dengan adanya keberkahan dan perlindungan dari dosa, maka setiap doa yang dipanjatkan di Raudhah akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Namun, hal yang paling penting untuk diingat, meskipun Raudhah adalah tempat yang sangat istimewa, tentunya tempat tersebut jangan dijadikan sebagai tujuan utama dalam beribadah. Sebagai umat Muslim, kita harus menata niat dengan baik dan benar bahwa tujuan utama kita datang ke Raudhah adalah semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menjalani amal kebaikan dan memperbaiki diri agar mendapatkan ridho-Nya. Dengan demikian, cita-cita kita yang paling utama adalah menjadi muslim yang benar-benar baik atau insan kamil.

Demikianlah penjelasan tentang kenapa Raudhah istimewa sebagai tempat yang suci bagi umat muslim.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…