Waspada Ancaman Korea Utara, Korea Selatan Naikkan Status Waspada Teror di Lima Kantor Diplomatik

ERA.id - Kementerian Luar Negeri Korea Selatan meningkatkan kewaspadaaan terorisme di lima kantor diplomatik di wilayah Asia Tenggara, China, dan Rusia. Peningkatan ini menyusul kekhawatiran serangan Korea Utara di kantor-kantor diplomatik Korea Selatan yang bisa merugikan.

Peningkatan kewaspadaan ini berlaku untuk lima kantor diplomatik Korea Selatan di Kamboja, Laos, Vietnam, serta konsultan di Vladivostok, Rusia, dan kota Shenyang di Tiongko. Pengumuman tersebut disampaikan setelah Kementerian Luar Negeri mengadakan pertemuan komite dengan Pusat Penanggulangan Terorisme Nasional Kantor Koordinasi Kebijakan Pemerintah.

"Tingkat kewaspadaan terorisme dinaikkan dari Attention to Alert, yang merupakan tingkat tertinggi kedua di antara empat klasifikasi Korea Selatan, yang mengindikasikan kemungkinan terjadinya serangan sangat besar," kata kementerian luar negeri, dikutip Chosun, Jumat (3/5/2024).

Secara terpisah, Badan Intelijen Nasional (NIS) mengatakan baru-baru ini mereka menemukan banyak indikasi bahwa Korea Utara sedang bersiap melakukan serangan teroris terhadap diplomat kami di berbagai negara, termasuk Tiongkok, Asia Tenggara, dan Timur Tengah.

“Korea Utara telah mengirimkan agen ke negara-negara ini untuk memperluas pengawasan terhadap misi diplomatik Korea Selatan dan juga melakukan kegiatan spesifik seperti mencari warga negara Korea untuk dijadikan sasaran," kata NIS.

Korea Utara telah merencanakan serangan-serangan ini sebagai respons terhadap kembalinya orang-orang yang ditugaskan ke luar negeri setelah pandemi, termasuk diplomat, pekerja perdagangan, dan pelajar, yang banyak di antara mereka dilaporkan skeptis terhadap rezim Korea Utara. Hal ini telah menyebabkan sejumlah besar pembelotan.

“Para pejabat Korea Utara, yang bertujuan untuk mengalihkan kesalahan atas ‘kepergian sukarela’ rezim ini, telah secara keliru melaporkan pembelotan ini kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sebagai provokasi eksternal, yang kemudian melakukan pembalasan terhadap diplomat Korea Selatan,” jelas NIS.

Di antara misi diplomatik yang disiagakan adalah Vladivostok dan Shenyang, keduanya dekat dengan Korea Utara dan menjadi tuan rumah bagi agen Korea Utara. Di Vladivostok, Choi Duk-geun, seorang konsul yang ditugaskan oleh NIS untuk menyelidiki operasi pemalsuan dolar di Pyongyang dan perdagangan narkoba di Korea Utara, dibunuh oleh penyerang tak dikenal pada tahun 1996. Tubuhnya ditemukan mengandung neostigmin bromida, racun yang biasanya digunakan oleh agen Korea Utara.

Demikian pula, di dekat Shenyang di Dandong, Tiongkok, misionaris Kim Chang-hwan, yang membantu pembelot Korea Utara, meninggal secara misterius pada tahun 2011. Racun yang sama terdeteksi pada sarung tangan yang berlumuran darah.

Kamboja, Vietnam, dan Laos, yang juga berada pada tingkat waspada, merupakan rute pelarian utama bagi para pembelot Korea Utara dan secara historis merupakan sekutu dekat Korea Utara.

“Kami akan memperkuat kegiatan intelijen kami dengan mempertimbangkan kemungkinan terorisme, tidak hanya di negara-negara di mana tanda-tanda ancaman teroris Korea Utara telah terdeteksi, tetapi juga di wilayah lain, dan akan bekerja sama dengan organisasi terkait seperti kementerian luar negeri untuk memastikan hal tersebut. keselamatan warga Korea Selatan,” kata NIS.

Diketahui, Korea Selatan terakhir kali meningkatkan kewaspadaan terorisme di misi diplomatik ke tingkat “waspada” adalah 14 tahun yang lalu setelah kapal Angkatan Laut Cheonan dibom dan ditenggelamkan oleh serangan torpedo Korea Utara pada Maret 2010.