Cara Menghilangkan Sifat Toxic, Lakukan Hal-hal Berikut

ERA.id - Toxic merupakan sebuah bentuk perilaku yang merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memahami cara menghilangkan sifat toxic dalam diri sendiri.

Peneliti bernama Saadillah dan Saputra dalam Analisis Penyebab Pengucapan Kata Toxic di Kalangan Mahasiswa, menjelaskan jika kebiasaan toxic yang tidak segera ditangani justru akan memberikan dampak buruk pada diri sendiri dan juga orang di sekitar.

Untuk memahami informasi lebih lanjut tentang cara menghilangkan kebiasaan toxic dalam diri sendiri, simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Sifat Toxic

Sebenarnya, toksik atau toxic merupakan perilaku yang merugikan bagi diri sendiri dan orang lain. Oleh sebab itu, jika Anda merasa memiliki kebiasaan toksik, sebaiknya lekas introspeksi dan menghilangkan hal tersebut.

Adapun beberapa cara menghapus kebiasaan toxic dalam diri sendiri antara lain:

Ilustrasi jenis hubungan toxic (Freepik/Wayhomestudio)

Mencari Kegiatan Baru yang Positif

Salah satu cara menghilangkan sifat toxic dalam diri sendiri yaitu dengan cara mencari rutinitas baru yang positif. Contohnya dengan membiasakan gaya hidup sehat, berolahraga, melakukan hobi, meditasi, ataupun mengembangkan diri.

Kegiatan tersebut dapat memicu timbulnya suasana hati yang baik, sehingga kebiasaan buruk pun sedikit demi sedikit akan menghilang.

Menjadi Pribadi yang Lebih Bertanggung Jawab

Cara menghilangkan kebiasaan toxic dalam diri sendiri berikutnya adalah menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab. Jika merasa pernah berbuat salah kepada orang lain, sebaiknya segera akui kesalahan tersebut, menerima konsekuensinya, dan perbaiki hal tersebut. Hal ini akan membantu Anda agar kembali diterima orang lain.

Menumbuhkan Kesadaran Diri

Cara menghilangkan sifat toxic dalam diri sendiri selanjutnya yaitu dengan menumbuhkan kesadaran diri. Mau tidak mau memang harus diakui bahwa dalam diri ada kebiasaan toksik yang membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Dengan melakukan introspeksi diri dan mengakui kesalahan, maka dapat menjadi langkah awal bagi Anda untuk berubah.

Menjalin Komunikasi yang Sehat

Cara menghilangkan sifat toxic dalam diri sendiri juga dapat Anda lakukan dengan menjalin komunikasi yang sehat saat berinteraksi bersama orang lain.

Anda dapat mencoba untuk bisa lebih berempati, menjadi pendengar yang baik, jujur dalam berkata, dan menghargai pendapat orang lain.

Tinggalkan Hubungan yang Merugikan

Cara menghilangkan sifat toxic dalam diri sendiri yang lain yaitu dengan menghindari hubungan yang merugikan. Jika Anda terjebak dalam hubungan toxic, sebaiknya coba untuk keluar dari lingkaran tersebut. Sebab, hal tersebut dapat memengaruhi kondisi mental.

Mengubah Pola Pikir

Cara menghilangkan kebiasaan toxic dalam diri sendiri yang terakhir yaitu dengan mengubah pola pikir negatif menjadi lebih positif. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain.

Pola pikir positif juga akan membuat hidup Anda terasa lebih ringan dan bahagia. Anda juga bisa menangani sebuah masalah dengan tenang.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghilangkan sifat toxic yang dapat dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…