Profil Nayunda Nabila, Biduan Dangdut yang Disawer Syahrul Yasin Limpo Rp100 Juta

ERA.id - Profil Nayunda Nabila  mengundang sorotan, akibat keterlibatannya dalam kasus dugaan korupsi yang melibatkan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Nayunda menjadi sorotan karena dituduh menerima pembayaran dari anggaran Kementerian Pertanian untuk keperluan hiburan di sebuah acara. Dana yang disebut-sebut mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah tersebut makin membuat netizen penasaran.

Profil Nayunda Nabila

1. Pernah ikut audisi Indonesian Idol

Nayunda merupakan seorang penyanyi asli dari Makassar, Sulawesi Selatan yang memiliki nama lengkap Nayunda Nabila Nizrinah.

Lahir pada 8 Juni 1991, perjalanan karir musik Nayunda dimulai pada tahun 2012 ketika ia mencoba peruntungannya di dunia tarik suara dengan mengikuti audisi Indonesian Idol.

Sayangnya Ayunda tidak berhasil lolos ke musim ke-7 dari ajang tersebut yang ditayangkan di RCTI.

2. Rilis single pertama dan kontroversi

Pada tahun 2017, Nayunda merilis single debutnya yang berjudul "Lelah Mengalah", yang kemudian memperkenalkan namanya ke publik. Baru pada tahun berikutnya, ia kembali merilis single berjudul "Baru Aku Tahu Cinta Itu Apa".

Namun, pada tahun 2019, single perdana Nayunda terjerat dalam kontroversi ketika dituduh telah merekam lagu "Lelah Mengalah" yang sebelumnya sudah direkam oleh duo penyanyi Malaysia bernama The Mirza.

3. Merangkap pengacara

Ternyata Nayunda bukanlah seorang penyanyi dangdut biasa. Ia bahkan memiliki sertifikasi sebagai seorang advokat. Informasi tersebut dibagikan oleh Nayunda Nabila melalui akun Instagram pribadinya sekitar bulan Oktober 2023 lalu.

Dalam video yang diunggahnya, terlihat Nayunda Nabila tengah mengambil sumpah advokat di Pengadilan Tinggi Makassar pada hari Selasa, tanggal 10 Oktober 2023.

Nayunda Nabila terlihat mengenakan seragam advokat dan tersenyum ceria dalam acara pengambilan sumpah tersebut. "Biduan yang juga menjadi pengacara? Mengapa tidak," tulis Nayunda Nabila dalam unggahan di akun Instagramnya.

Nayunda juga menceritakan bahwa karir menyanyinya dimulai pada saat yang sama dengan masa kuliah hukumnya di Universitas Trisakti.

4. Dapat sawer Rp100 Juta

Pada mulanya, nama Nayunda mencuat setelah sempat disebut dalam sidang kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi oleh SYL di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Senin (29/4).

Nayunda mencuat setelah sempat disebut dalam sidang kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi (X)

Nayunda disebut-sebut menerima pembayaran dari SYL menggunakan anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) untuk dana hiburan dalam sebuah acara. Dana tersebut disebut mencapai Rp50-100 juta.

Mantan Koordinator Substansi Rumah Tangga Kementan, Arief Sopian, membenarkan adanya pembayaran tersebut, yang ditransfer ke rekening seseorang bernama Rezky.

5. Dipanggil KPK

Pada Senin (13/5/2024), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Nayunda sebagai saksi dalam kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang diduga dilakukan Syahrul Yasin Limpo.

Ali Fikri, Kepala Bagian Pemberitaan KPK, menyatakan bahwa tim penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi Nayunda Nabila di Gedung Merah Putih KPK.

Namun, Fikri tidak merinci informasi apa yang akan ditanyakan kepada penyanyi dangdut tersebut.

Perlu diketahui, selain Nayunda, KPK juga memanggil empat saksi lainnya dalam kasus ini, yaitu Steven Lawton Lafian dan Ita Tjoanda dari Suita Travel, Harvey (pegawai Suita Travel), dan A Rekni (pegawai Maktour Travel), yang akan diperiksa di BPKP Sulawesi Selatan.

Selain profil nayunda nabila, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…