Apa Itu Makeup Douyin dan Bagaimana Kisah Awalnya?

ERA.id - Makeup yang berasal dari Tiongkok, kini telah viral di berbagai platform media sosial dan digandrungi netizen. Lantas, apa itu makeup douyin dan mengapa bisa terkenal?

Baru-baru ini jagat medsos (terutama TikTok) digemparkan oleh tren makeup ala douyin dengan ciri khas kulit flawless dan bibir yang penuh merona. Tampilan ini pun menarik perhatian banyak orang dan menjadi tren makeup yang digemari, tidak terkecuali di Indonesia.

Apa Itu Makeup Douyin?

Selama beberapa tahun terakhir ini, tren "riasan Douyin" China telah menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna medsos seperti TikTok. Namun tahukan Anda jika ‘Douyin’ sendiri adalah berasal dari platform media sosial?

Dilansir dari Jing Daily, riasan Douyin telah menjadi ciri khas salah satu estetika riasan paling populer di China. Ciri-ciri riasan ini di antaranya menampilkan kulit bercahaya dan tembus pandang, kelopak mata berkilau, blush on pink atau mauve yang cerah dan pekat, dan seringkali bibir ombre glossy atau semi-matte yang berpigmen tinggi.

Riasan ini kemudian dinamai menurut platform berbagi video pendek teratas China, Douyin, dan tren riasan China ini sekarang menjadi metafora tersendiri.

Tren Makeup Douyi di TikTok (X)

Awal Mula Makeup Douyin Berkembang Pesat

Dalam beberapa tahun terakhir, gaya makeup China telah berkembang pesat, seiring dengan maturnya industri fashion dan kecantikan negara tersebut bersama dengan selera konsumen milenial dan Gen Z.

Mengingat pengaruh besar dari K-pop, K-drama, dan K-fashion Korea Selatan di negara-negara Asia selama dekade terakhir, maka menjadi masuk akal jika tren kecantikan China saat ini juga terinspirasi oleh K-beauty.

Beberapa orang bahkan berspekulasi jika Makeup Douyin adalah dampak dari tren Ulzzang Korea. Tren ini disebut sebagai gaya berpenampilan menarik yang berasal dari awal tahun 2000-an dengan ciri khas hyper-feminine dan fokus pada kulit muda dan fitur imut, seperti mata besar dengan kelopak mata ganda.

Selain itu, bulu mata Manhua, atau gaya manga, juga menjadi inspirasi dari estetika Douyin. Bulu mata palsu diaplikasikan dalam bentuk rumpun berbulu, untuk memberikan tampilan bulu mata alami namun dramatis.

Sementara itu, menonjolkan area "lemak bayi" di seluruh wajah - berdasarkan tren Korea lainnya, yang disebut aegyo sal atau "lemak imut", juga merupakan bagian dari tampilan Douyin. Hal tersebut membuat para penggunanya menonjolkan kantung lemak di bawah mata mereka.

Dikenal sebagai Makeup Chunyu

Yaling Jiang, analis budaya yang berbasis di Shanghai dan pendiri buletin elektronik populer Following the Yuan menjelaskan jika di China, tren Douyin jauh hari sudah disebut sebagai chunyu.

“Chunyu dapat diterjemahkan sebagai 'hasrat murni'. Istilah ini menjadi terkenal tidak hanya untuk gaya riasan, tetapi karena menawarkan para gadis muda tampilan lengkap melalui warna kulit cerah dan aura muda.” jelas Jiang.

Menurut Jiang, wanita muda China diharapkan terlihat memikat tanpa menampakkan terlalu banyak kulit. Hal tersebut yang menjadi pemicu munculnya gaya seperti riasan Douyin atau tren chunyu.

Jiang mengatakan, ketika tren ini pertama kali menjadi populer sekitar tahun 2019, Douyin belum menjadi "medan perang kecantikan" seperti sekarang ini.

Selain apa itu makeup douyin, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…