Terseret Skandal Burning Sun, KBS Ancam akan Ambil Tindakan Hukum Terhadap BBC

ERA.id - Stasiun penyiaran Korea Selatan, KBS, mengancam akan mengambil tindakan hukum terhadap BBC, yang beberapa hari lalu menayangkan dokumenter Burning Sun.

Hal ini dilakukan berkaitan dengan nama KBS terseret dalam dokumenter dan mendapat tuduhan miring.

Pada pernyataan resminya, KBS mengecam segmen dalam dokumenter tersebut yang menuduh pengacara KBS memaksa dan menekan korban Jung Joon Young.

Dengan kata lain, KBS disebut membela Jung Joon Young pada kasus tersebut, padahal ia pelaku utama tindak kejahatan perekaman dan penyebaran video syur.

“Jurnalis yang tampil dalam film dokumenter BBC News Korea Burning Sun mengklaim bahwa pengacara KBS menghubungi dan menekan para korban Jung Joon Young. Klaim ini tidak benar dan tidak berdasar,” pernyataan pengacara KBS, di Koreaboo, pada Selasa (21/5/2024).

KBS menyatakan bahwa saat itu pengacara yang memberi nasihat kepada para korban tentang konsekuensi hukum adalah pengacara korban, bukan pengacara dari pihak KBS. Dengan itu, KBS menegaskan bahwa yang dituduhkan pada dokumenter tidak benar sama sekali.

“Setelah BBC menceritakan bahwa pengacara KBS telah menghubungi para korban, kami ingin memperjelas bahwa para pengacara adalah pihak yang bertanggung jawab sebagai perwakilan korban,” tuturnya. 

Atas permasalahan ini, KBS pun menuntut BBC untuk merilis pernyataan resmi dan meluruskan kekeliruan menuduh mereka. Jika hal tersebut tidak dilakukan, KBS akan membawa permasalahan ke hukum dan menuntut BBC.

“Kami menyampaikan penyesalan mendalam kepada BBC, dan meminta mereka memperbaiki kesalahan mereka dalam siaran pers. Jika tidak, kami akan mempertimbangkan opsi hukum,” tegasnya.

Sementara itu, setelah dokumenter Burning Sun dirilis, KBS mendapat kecaman publik karena dinilai melindungi Jung Joon Young dalam proses penyelidikan kasus tersebut pada 2019 lalu. Saat itu, Jung Joon Young memang tengah populer sebagai member variety show 2 Days & 1 Night yang tayang di KBS.