Selain RK, PDIP Buka Komunikasi dengan Dedi Mulyadi hingga Bima Arya untuk Pilgub Jabar

ERA.id - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono mengatakan, komunikasi dengan partai politik lain terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024 masih sangat cair.

Dia mengaku, selain dengan Golkar dan Ridwan Kamil, pihaknya juga membuka komunikasi dengan Gerindra dan Dedi Mulyadi yang digadang bakal maju sebagai salah satu calon gubernur Jawa Barat.

"Dengan Golkar kita sudah bicara, dengan Ridwan Kamil saya sudah bicara. Dengan Gerindra kita sudah bicara, dengan Kang Dedi Mulyadi yang bakal diusung katanya dari Gerindra juga kita sudah bicara," ujar Ono saat ditemui di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (25/6/2024).

Selain itu, DPD PDIP Jabar juga membuka komunikasi dengan PAN dan Bima Arya terkait Pilgub Jabar 2024. Terlebih, jumlah kursi PDIP dan PAN cukup untuk membentuk poros baru.

"Dengan PAN, PAN kan tujuh kursi. Walaupun tujuh kursi, dengan PDI Perjuangan kan pas juga 24. Dengan Kang Bima Arya kita sudah bicara, jadi masih sangat cair," kata Ono.

Dia mengaku, pihaknya belum mengerucutkan siapa yang hendak didukung sebagai calon gubernur Jabar mendatang. Suara di akar rumput pun masih beragam antara menginginkan RK, Dedi Mulyani, dan Bima Arya.

"Jadi masih akan sangat cair dan mudah-mudahan di bulan Juni nanti disertai misalnya dengan hasil survei yang nanti akan bisa kami sajikan," ucapnya.

Terkait komunikasi politik dengan berbagai pihak untuk Pilgub Jawa Barat 2024, Ono mengaku sudah melaporkannya kepada DPP PDIP.

Laporan itu nantinya akan ditindaklanjuti oleh DPP PDIP sebelum mengelurkan rekomendasi resmi.

"Hasil komunikasi yang sudah dilakukan oleh DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, khususnya saya sudah laporkan semua ke DPP partai dan nanti tinggal Pak Sekjen dengan seluruh jajaran DPP menindalanjuti hasil komunikasi kami itu ke DPP partai-partai yang sudah kami lakukan komunikasi," kata anggota Komisi IV DPR itu.

Sebelumnya, DPD PDIP Jawa Barat mengaku hanya mengincar posisi calon wakil gubernur di Pilgub Jabar 2024. Partai berlambang banteng itu cukup sadar diri tak bisa mengajukan calon gubernur.

Belakangan, PDIP ramai dikabarkan bakal mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur di Pilgub Jabar 2024.