Kebiasaan Mudah yang Bisa Dilakukan agar Rambut Cepat Panjang

ERA.id - Bagi sebagian orang, terutama kaum perempuan, memiliki rambut panjang dan indah adalah dambaan. Namun, proses memanjangkan rambut bisa terasa lama. Namun tenang, karena terdapat cara sederhana membuat rambut cepat panjang.

Artikel ini akan membahas beberapa cara yang bisa Anda coba di rumah untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatannya. Melalui beberapa tips berikut, diharapkan Anda dapat menemukan rambut impian yang panjang dan berkilau.

Cara Sederhana Membuat Rambut Cepat Panjang

Dilansir dari The Cut, berikut ini terdapat beberapa cara dan kebiasaan yang harus Anda lakukan agar rambut dapat tumbuh cepat dan lebat:

  1. Memotong Ujung Rambut

Anda tidak salah baca, memotong ujung rambut mungkin terdengar berlawanan dengan keinginan Anda untuk memanjangkan rambut.

Fakta membuktikan, memotong ujung rambut akan menghilangkan kerusakan yang terjadi dan mencegah ujung bercabang, yang pada akhirnya akan merugikan Anda dalam jangka panjang.

Umumnya, pemotongan ujung rambut dilakukan setiap delapan minggu. Namun, cara ini tidak perlu menjadi jadwal yang ketat dan berulang. Perhatikan saja ujung rambut Anda, terutama jika Anda memiliki tekstur rambut yang kasar, sering menata rambut dengan panas, atau sering mewarnai rambut.

Namun tetap pastikan penata rambut Anda hanya memotong bagian yang diperlukan dan jangan lupa untuk minta potongan yang minimal.

  1. Memilih Sampo Tepat

Rahasia untuk memaksimalkan pertumbuhan rambut adalah dengan merawat rambut Anda dengan baik setiap saat, termasuk saat basah dan memakai sampo di kamar mandi.

"Gunakan pembersih yang sangat lembut dan berbahan dasar alami," kata Dr. Dominic Burg, seorang ahli trikologi dan kepala ilmuwan.

Dr. Dominic menekankan agar Anda juga menghindari bahan-bahan seperti SLS dan SLES, paraben, dan silikon, (atau yang sering disebut sebagai 'dimethicone' pada label sampo.

Bahan-bahan keras ini dapat menumpuk di kulit kepala Anda, menyumbat folikel rambut, dan merusak rencana pertumbuhan rambut Anda. Jadi, gunakan sampo yang efektif namun tidak menghilangkan minyak alami rambut.

Memilih Sampo Tepat (freepik)
  1. Kurangi Penggunaan Sampo

Setelah Anda selesai membaca label sampo, pertimbangkan untuk mengurangi frekuensi keramas jika Anda terbiasa keramas terlalu sering.

Rasa bersih sempurna pada rambut bisa jadi berarti Anda menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut, yang dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan patah. Hal ini bisa membuat Anda frustasi karena rambut Anda tidak kunjung panjang.

  1. Tetap Gunakan Kondisioner

Perjalanan untuk menumbuhkan rambut adalah alasan yang tepat untuk memanjakan diri Anda dengan kondisioner yang berkualitas, masker rambut terbaik, atau sekadar memakai kondisioner biasa.

Anabel Kingsley, ahli trikologi di Philip Kingsley, mengatakan kelembapan tambahan dalam perawatan rambut dapat membantu menutrisi batang rambut.

Selain itu, pemakaian kondisioner juga dapat meningkatkan elastisitas dan kekuatan rambut dari waktu ke waktu. Hal tersebut berarti lebih sedikit kerusakan dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih panjang untuk Anda.

  1. Hentikan Kebiasaan Menggunakan Handuk

Apakah Anda masih mengeringkan rambut dengan handuk? Membungkus kepala dengan handuk basah mungkin terlihat modis, tetapi kombinasi puntiran, tekanan, dan gesekan kain pada rambut basah tidak bagus untuk pertumbuhan rambut.

Ganti handuk biasa Anda dengan handuk rambut mikrofiber yang lebih lembut. Selain itu, jangan digosok rambut, cukup ditepuk-tepuk saja. Jika Anda memiliki rambut keriting, cobalah metode plopping menggunakan kaus katun. Jika Anda benar-benar ingin yang terbaik, cobalah mengeringkan rambut secara alami.

Selain cara sederhana membuat rambut cepat panjang, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…