Bolehkah Keramas Tanpa Sampo Setiap Hari? Simak Penjelasannya Berikut

| 17 Dec 2023 19:05
Bolehkah Keramas Tanpa Sampo Setiap Hari? Simak Penjelasannya Berikut
Ilustrasi keramas (Scandinavian Biolabs/Pexels)

ERA.id - Keramas setiap hari sebenarnya diperbolehkan, apalagi jika rambut Anda berminyak dan Anda setiap harinya beraktivitas di daerah berpolusi tinggi atau beriklim lembap. Namun, keramas tanpa sampo bisa jadi jalan keluar untuk meraih rambut sehat berkilau. Lantas, bolehkah keramas tanpa sampo setiap hari?

Bolehkah Keramas Tanpa Sampo Setiap Hari?

Kandungan kimia dan alkohol dalam produk sampo berpotensi menjadikan kulit kepala Anda gatal dan kering, mengakibatkan kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak. Inilah yang menyebabkan rambut menjadi rusak karena Anda terlalu sering mencuci rambut.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba keramas tanpa sampo, mungkin Anda membutuhkan waktu untuk membiasakan diri hingga mendapatkan hasil akhirnya. Walaupun demikian, hal tersebut patut ditunggu sebab manfaatnya juga akan bertahan lama.

Anda bisa memiliki rambut tebal dan sehat tanpa berurusan dengan reaksi kimia. Selain itu, rambut Anda akan tetap bersih lebih lama. Nah, di bawah ini adalah daftar bahan yang dapat menggantikan shampo untuk keramas.

Ilustrasi (Yoann Boyer/Unsplash)

Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat asam, pasangan yang cocok digunakan sebagai alternatif conditioner setelah Anda ‘keramas’ dengan baking soda.

Anda bisa campurkan satu-dua sendok makan cuka apel ke dalam satu gelas air, atau setengah cangkir cuka dan setengah cangkir air, sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

Selanjutnya aplikasikan larutan cuka di sepanjang rambut dan di seluruh kulit kepala, gosok dan diamkan beberapa menit. Lalu bilas sampai benar-benar bersih.

Baking soda

Baking soda bersifat basa, adapun kulit kepala dan rambut bersifat asam. Oleh sebab itu, bahan ini disarankan digunakan dengan larutan asam untuk mengembalikan keseimbangan pH rambut.

Anda tinggal membasahkan tangan dan ambil bubuk baking soda secukupnya. selama kurang lebih satu menit, gosokkan baking soda ke kulit kepala Anda. Lalu bilas hingga bersih.

Alternatif lainnya, Anda dapat mencairkan baking soda dengan air hangat dan fungsikan larutan tersebut untuk mencuci rambut. Jangan lupa untuk membilasnya sampai bersih.

Lalu, seberapa sering kita bisa ‘keramas’ dengan baking soda? Untuk hasil yang optimal, sebaiknya beri jarak antar sesi keramas setiap empat hari sekali.

‘Sampo’ baking soda cocok bagi Anda yang mempunyai rambut halus, berminyak, lurus, atau bergelombang. Baking soda bisa jadi akan terlalu keras jika digunakan pada rambut kering dan kasar.

Jus lemon

Asam sitrus yang terkandung dalam buah lemon dapat membantu melenyapkan ketombe. Jika rambut Anda lurus atau rentan masalah ketombe, fungsikan larutan jus lemon (setengah cangkir jus lemon, setengah cangkir air hangat) untuk menggantikan sampo.

Gosokkan ke seluruh rambut dan kulit kepala selama 10 menit, sisir dengan jari dan selanjutnya bilas hingga bersih.

Pantangan saat keramas tanpa sampo

Jika Anda sudah benar-benar bertekad untuk mengurangi penggunaan bahan kimia pada rambut dan kulit kepala dengan cara mengganti sampo dengan bahan lainnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar rutinitas baru ini berhasil.

Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengawali keramas tanpa sampo.

Tidak mengganti rutinitas keramas dengan tiba-tiba

Jika Anda merupakan orang yang tergolong hobi keramas setiap hari, rutinitas baru ini bisa jadi akan membuat Anda kaget.

Agar rutinitas sampo Anda yang baru menjadi terbiasa, hendaknya lakukan keramas berselang hari. Misalnya, cuci rambut dengan sampo biasa pada malam ini, kemudian cuci rambut dengan salah satu ‘sampo’ alternatif yang sudah disebutkan di atas dua hari berikutnya.

Selanjutnya, turunkan terus frekuensi sampo botolan Anda hingga akhirnya perlahan-lahan Anda bisa benar-benar tidak menggunakan sampo.

Jangan fokus perawatan hanya pada batang rambut

Tujuan keramas adalah membersihkan rambut dengan menggelontorkan minyak dan kotoran yang menempel di setiap helai rambut. Namun, jika Anda memilih untuk tidak keramas dengan sampo botolan, Anda dapat fokus pada perawatan kulit kepala.

Jangan mengharapkan hasil instan

Selama masa transisi dari sampo botolan ke produk alternatif ramah lingkungan di atas, bisa jadi Anda akan mengalami masa di mana rambut akan begitu berminyak selama beberapa hari (bahkan bisa berminggu-minggu), tetapi hal ini tidak akan bertahan lama.

Saat Anda tidak keramas, rambut Anda tentu akan memproduksi minyak lebih banyak dan menjadikan tampilannya lepek. Namun, hal ini merupakan reaksi alami biasa.

Dari waktu ke waktu rambut Anda akan mulai terbiasa dengan rutinitas baru, hingga pada akhirnya kelenjar minyak di kulit kepala akan mengontrol produksi minyak kembali seperti semula.

Demikianlah ulasan tentang bolehkah keramas tanpa sampo setiap hari. Setelah memahami pembahasan di atas, kini Anda dapat mencoba untuk menjalankan hal tersebut dengan aman.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi