Cara Membawa Hewan di Kereta yang Legal dan Diperbolehkan PT KAI

ERA.id - Bagi para pecinta hewan yang harus bepergian jauh, tidak jarang turut mengajak peliharaannya. Hal tersebut membuat tidak sedikit orang penasaran, tentang bagaimana cara membawa hewan di kereta.

Lantas bagaimana dengan di Indonesia? Apakah diperbolehkan membawa hewan peliharaan dalam kereta api? Tenang, PT KAI menghadirkan solusi yang legal dan nyaman untuk membawa hewan peliharaan mudik bersama kereta api.

Cara Membawa Hewan di Kereta

Namun bagi Anda yang membayangkan dapat membawa hewan peliharaan dalam gerbong yang sama dengan Anda, tampaknya akan kecewa. PT KAI sendiri sejak lama sudah menegaskan jika hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan lainnya menjadi salah satu barang yang dilarang dibawa menggunakan kereta api penumpang.

Adapun alasan PT KAI tidak memperbolehkan hewan masuk kereta, karena bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan para penumpangnya.

Meskipun demikian, layanan KAI Logistik memberi peluang bagi Anda untuk membawa hewan peliharaan. Melalui layanan ini hewan peliharaan Anda dapat diangkut dalam gerbong khusus yang terpisah dari penumpang menggunakan jasa KALOG Express.

KALOG Express jasa logistik PT KAI (Kalogistics)

KALOG Express sendiri merupakan jasa pengiriman yang dimiliki oleh PT KAI untuk memudahkan Anda, berikut syarat dan panduan lengkap membawa atau mengirim hewan peliharaan di dalam kereta:

  1. Syarat Pengiriman

Dilansir dari laman PT KAI, terdapat beberapa syarat yang harus dipatuhi untuk mengirim hewan peliharaan menggunakan kereta api, berikut di antaranya:

  • Hewan Sehat: Pastikan hewan peliharaan Anda dalam kondisi sehat dan tidak menularkan penyakit.
  • Kandang Kokoh: Siapkan kandang yang kuat dan sesuai dengan ukuran hewan. Kandang harus memiliki ventilasi yang baik dan ruang gerak yang cukup.
  • Persediaan Makanan: Lengkapi kandang dengan makanan dan minuman secukupnya untuk perjalanan.
  • Surat Kesehatan (Opsional): Anda dapat menyertakan surat keterangan kesehatan dari dokter hewan untuk meyakinkan kondisi hewan.
  1. Tarif dan Pelacakan

Anda dapat melakukan pengecekan tarif dan lacak paket melalui aplikasi KAI Access.

Terkait dengan estimasi biaya akan bervariasi tergantung dengan kota asal dan tujuan. Contohnya, untuk pengiriman Jakarta-Yogyakarta (1-10 kg) biayanya Rp100.000, selanjutnya tarif mengikuti kota tujuan.

  1. Ketentuan Pengiriman

Adapun pengiriman dilakukan dari stasiun ke stasiun. Dengan demikian, pengiriman hewan peliharaan hanya dilakukan dari stasiun ke stasiun KALOG Express sesuai jam operasional.

Selain itu, pastikan semua persyaratan terpenuhi dan juga pastikan hewan atau paket dikemas dengan baik dan aman.

Selain hewan peliharaan, KALOG Express juga melayani pengiriman tanaman, oleh-oleh, dan barang berskala besar lainnya. Untuk mengetahui informasi Lebih Lanjut, Anda dapat menghubungi via laman KALOG Express atau melalui instagram untuk informasi terbaru.

Dengan demikian, meskipun Anda tidak bisa membawa hewan peliharaan satu gerbong dengan Anda, namun melalui KALOG Express Anda dapat membawa hewan peliharaan kesayangan dengan aman dan nyaman selama perjalanan kereta api.

Layanan KALOG Express sendiri merupakan komitmen KAI Group untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di hari biasa dan khususnya di masa angkutan lebaran, baik melalui angkutan penumpang maupun logistik.

Selain cara membawa hewan di kereta, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…