Jenis Sepatu Hak Tinggi, Simak Jenis-jenisnya di Sini

ERA.id - Sepatu hak tinggi atau high heels dapat menambah kepercayaan diri bagi penggunanya. Sehingga tidak heran jika perempuan senang menggunakan sepatu hak tinggi, walaupun ada beberapa jenis sepatu terasa melelahkan bahkan sakit saat digunakan. Namun, perempuan dapat menentukan beberapa pilihan sepatu hak tinggi. Lantas apa saja jenis sepatu hak tinggi? Simak ulasannya di bawah ini, dilansir dari Harpers Bazaar.

Jenis Sepatu Hak Tinggi

Ilustrasi sepatu hak tinggi (Freepik/drobotdean)

  • Kitten heels

Bagi Anda yang tidak mengenakan sepatu hak tinggi, tetapi masih ingin terkesan feminin, maka kitten heels dapat dijadikan pilihan. Sepatu yang dulunya disebut sebagai grandma shoe atau sepatu nenek ini, memang diciptakan untuk perempuan yang memilih kenyamanan daripada menambah tinggi badan. Adapun tinggi hak kitten heels maksimal hanya 5 centimeter (cm).

Nah, Anda masih dapat tampil feminin dan elegan tetapi tetap nyaman ketika mengenakan kitten heels daripada jenis sepatu hak tinggi lainnya. Beberapa jenis kitten heels terdiri dari strap yang melingkar hingga belakang tumit alias ankle strap.

  • Stiletto

Stiletto adalah salah satu model sepatu hak tinggi klasik. Ciri khas stiletto yaitu hak yang tinggi dan tipis sehingga kaki akan terlihat lebih jenjang. Nama dari jenis sepatu ini diambil dari belati stiletto pada era 1930-an dengan ciri khas mata pisau yang panjang dan runcing. Pada umumnya, stiletto dilengkapi dengan tali atau strap tipis pada pergelangan kaki atau tumit sehingga akan mempercantik penampilan siapa pun yang mengenakannya. 

  • Wedge

Wedge adalah jenis sepatu hak tinggi yang nyaman dikenakan. Sebab, wedge mempunyai sol tebal yang dapat menumpu seluruh permukaan telapak kaki, tidak hanya pada bagian belakang seperti jenis sepatu hak tinggi yang lain.  Jenis sepatu ini muncul pertama kali pada 1935, dan masih terus dikenakan hingga saat ini. Selain nyaman dikenakan, sepatu jenis wedge ini, juga dapat menjadikan penampilan kaki lebih cantik dan feminin.

  • Block Heels

Jenis sepatu hak tinggi yang satu ini, cocok digunakan perempuan yang enggan menggunakan hak tipis, tetapi juga menghindari wedge. Ciri khas block heels yaitu hak sepatu tebal sehingga menopang area tumit atau pergelangan kaki dengan baik. Biasanya, hak tersebut berbentuk kotak seperti block sehingga diberi nama block heels.

Sepatu jenis ini populer untuk kalangan perempuan, sebab nyaman digunakan tetapi tetap stylish, feminin, dan menjadikan kaki lebih jenjang. Anda tidak akan merugi jika berinvestasi pada sepatu block heels beberapa pasangan yang memiliki kualitas baik. Sebab, block heels cocok dikenakan pada berbagai kesempatan baik formal, semi formal, ataupun kasual.

  • Slingback

Model sepatu slingback memiliki ciri khas tali yang mengelilingi di pergelangan kaki atau tumit. Keberadaan tali ini, menjadikan sepatu slingback lebih nyaman digunakan.  Sepatu slingback merupakan salah satu model sepatu klasik yang cukup ikonik. Anda dapat memilih hak sepatu slingback sesuai dengan kenyamanan, baik hak tinggi ataupun medium.

  • Ankle strap

Seperti namanya, model sepatu ini terdiri dari tali di pergelangan kaki. Sepatu yang populer pada era 1950-an ini akan meninggalkan kesan feminin serta ilusi kaki lebih panjang. Ada pilihan tali tebal ataupun tipis yang dapat disesuaikan dengan outfit Anda. Untuk bawahan panjang yang mencapai pergelangan kaki, sebaiknya hindari ankele strap dengan tali tebal sebab dapat menjadikan penampilan Anda terlihat kurang proporsional.

  • Mule

Mule adalah sepatu model slip on atau selop dengan vamp (bagian atas sepatu) yang menutupi punggung kaki dan tanpa tali pada bagian belakang. Model sepatu ini disenangi oleh kaum hawa sebab dapat digunakan dengan praktis. Jika ragu menggunakan hak tinggi, Anda dapat memilih mule dengan hak medium agar tetap terkesan elegan. Adapula sepatu mule yang tidak menutupi seluruh punggung kaki yang cocok dikombinasikan dengan bawahan lebih panjang, dress dan rok panjang.

Demikianlah ulasan tentang jenis sepatu hak tinggi yang bisa menjadi pilihan. Mana yang menjadi pilihan Anda?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…