Gantikan Bambang, Basuki Bakal Kebut Masalah Status Tanah hingga Investasi di IKN

ERA.id - Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Basuki Hadimuljono bakal fokus menyelesaikan masalah status tanah hingga investasi di IKN.

Hal itu disampaikan usai dirinya dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni ditunjuk Presiden Joko Widodo menggantikan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe yang mengundurkan diri.

"Fokusnya pelaksanaan program ini, permasalahannya adalah di tanah dan investasi," kata Bambang di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Dia lantas mengungkapkan, salah satu alasan Jokowi menunjuk Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni yaitu untuk menyelesaikan permasalahan status tanah di IKN.

"Jadi kami berdua akan segera memutuskan status tanah di IKN. Apakah dijual, disewa, atau KPPU. Kami ingin mempercepat itu supaya investor tak ragu lagi untuk investasi," kata Basuki.

Dia menambahkan, dengan kejelasan status tanah, maka investor pun tak ragu menanam modal di IKN. Hal itulah yang menjadi fokus kedua Basuki.

"Karena status tanahnya lebih jelas, maka mereka akan leih jelas status hukumnya sebagai investor di IKN. Itulah fokus kami mengemban tugas Plt kepala-wakil otorita IKN," pungkasnya.