Apa Itu Cuddle? Simak Manfaat dan Dampaknya di Sini

ERA.id - Apa itu cuddle? Cuddle merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang artinya berpelukan. Cuddle sendiri identik dengan aktivitas bermesraan bersama pasangan yang biasanya terjadi di tempat tidur, tetapi tidak selalu berakhir pada hubungan seksual.

Dalam bahasa Indonesia, cuddle diartikan memeluk. Pelukan ini dispesifikkan mengarah pada pasangan, keluarga, atau sahabat. Adapun dalam laman dictionary.cambridge.org, dituliskan bahwa cuddle adalah merangkul dan memeluk seseorang dengan penuh rasa kasih. Pelukan ini dapat dilakukan untuk mengungkapkan cinta atau untuk saling memberikan kenyamanan.

Apa saja manfaat cuddle? (Freepik)

Manfaat Cuddle yang Bisa Dirasakan

Apakah Anda sudah mengetahui manfaat cuddle atau berpelukan dengan pasangan? Ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari cuddle:

  • Bagus untuk kesehatan hati

Mengutip laman Bustle, dijelaskan bahwa stres benar-benar dapat memperburuk kesehatan, termasuk hati. Namun, satu studi dari peneliti University of North Carolina-Chapel Hill yang melibatkan 100 orang dewasa mendapati bahwa pelukan singkat yang diikuti dengan berpegangan tangan sambil menonton video selama 10 menit, memiliki tekanan darah dan detak jantung yang lebih rendah, dibandingkan dengan orang yang tidak menjalaninya.

  • Mengurangi stres

Melansir WebMD, ketika seseorang melakukan cuddle dengan seseorang yang disayangi, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin yang bersifat menenangkan Anda. Hormon ini akan membuat Anda menghadapi stres dengan lebih baik. Selain itu, tekanan darah dan tingkat "hormon stres" kortisol juga dapat diturunkan dengan kerja hormon okstosin.

  • Meredakan pilek

Pelukan dari orang yang Anda percaya dan cintai dapat mencegah Anda dari paparan penyakit umum ini, khususnya jika Anda sedang stres. Jika Anda sudah telanjur terpapar, lebih banyak pelukan dapat membantu agar gejala Anda tidak bertambah buruk.

  • Meredakan nyeri

Pelukan yang baik bisa menjadikan Anda lebih dari sekadar dukungan moral setelah mendapatkan cedera. Oksitosin yang dilepaskan akan membantu memblokir sinyal rasa sakit.

  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Selain hormon oksitosin, pelukan juga diyakini dapat menghasilkan "hormon bahagia" serotonin.

Kedua hormon tersebut bekerja untuk menambah sistem kekebalan tubuh Anda. Satu studi pada tahun 2014 dari para peneliti di Carnegie Mellon University menyimpulkan bahwa orang yang sering berpelukan, lebih kecil kemungkinannya terjangkit pilek setelah terpapar virus flu dan mereka yang telanjur sakit mempunyai gejala yang lebih ringan.

  • Menambah kenikmatan seksual

Berpelukan bisa menambah kepuasan seksual dalam hubungan Anda, terutama jika Anda sudah mempunyai anak. Sebuah studi dari Universitas Toronto Mississauga yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior pada tahun 2014 menyimpulkan bahwa lebih banyak berpelukan setelah berhubungan seks berdampak terhadap kepuasan seksual dan hubungan yang lebih tinggi, bahkan tiga bulan setelah masa studi. Studi ini juga mendapati bahwa efek yang dirasakan lebih jelas pada wanita daripada pria dan bahwa pasangan dengan anak-anak melaporkan manfaat yang lebih besar daripada pasangan tanpa anak.

  • Mencegah insomnia

Berpelukan juga dapat membantu Anda tertidur. Dalam sebuah studi pada tahun 2003 dari para peneliti di Max Planck Institute of Psychiatry mendapatkan bahwa oksitosin memicu tidur di otak tikus. Namun, ada satu peringatan, kondisi ini harus dalam kondisi bebas dari rasa stres.

Demikianlah ulasan tentang apa itu cuddle dan manfaat yang didapatkan dari cuddle. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…