Durasi Cuddle yang Ideal, Ajak Pasangan Anda untuk Jadwalkan Pelukan!

| 06 Aug 2023 06:05
Durasi Cuddle yang Ideal, Ajak Pasangan Anda untuk Jadwalkan Pelukan!
Ilustrasi cuddle (Freepik)

ERA.id - Semua orang memahami bahwa sentuhan dan pelukan memberikan efek yang luar biasa untuk tubuh kita. Selain memberikan kenyamanan, sebuah pelukan juga menawarkan keamanan dan perasaan bahwa ada pihak lain yang hadir di sisi kita.

Tentu bukan tanpa alasan mengapa sebuah pelukan memberikan dampak yang luar biasa bagi tubuh manusia. Dilansir dari Bright Side, sentuhan merupakan bentuk komunikasi yang paling alami dan intim serta sangat bermanfaat.

Dari sebuah survei yang diikuti sebanyak 40.000 orang, kata-kata yang paling umum dikaitkan dengan sentuhan antara lain ‘menghibur’, ‘cinta’, dan ‘kehangatan’.

Biasanya, orang-orang melakukan proses pelukan hanya sebentar. Padahal, ada durasi minimal yang kita perlukan agar diri kita terasa nyaman dan menerima manfaatnya.

Ilustrasi (Freepik)

Durasi Cuddle yang Ideal

Sebuah penelitian mengenai durasi pelukan meminta partisipan untuk melakukan cuddling atau pelukan selama 1, 5, dan 10 detik. Hasilnya adalah bahwa pelukan 1 detik dianggap paling tidak menyenangkan, sedangkan pelukan 10 detik memberikan kesenangan paling banyak. Manfaat pelukan sederhana tentunya sangatlah besar, dan menambahkan sentuhan ekstra, seperti mengusap punggung, dapat meningkatkannya.

Pelukan sendiri dapat menghasilkan salah satu hormon bahagia yang disebut oksitosin. Dengan demikian, semakin lama Anda berpelukan, semakin banyak pula hormon bahagia yang dihasilkan. Tentunya hal ini dapat memperbaiki perasaan kita.

Manfaat Signifikan Pelukan bagi Manusia

Pelukan juga memberikan manfaat yang signifikan bagi manusia khususnya kesehatan jantung. Para peneliti membagi kelompok yang terdiri dari 200 orang menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama, pasangan diharuskan berpegangan tangan selama 10 menit sambil menonton video romantis, kemudian berpelukan selama 20 detik. Adapun kelompok kedua harus duduk diam tanpa bersentuhan selama 10 menit 20 detik. Penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa orang-orang di kelompok pertama menunjukkan penurunan denyut jantung dan tekanan darah.

Pada akhirnya, terapis keluarga, Virginia Satir, mengungkapkan formula sederhana. Ia menjelaskan bahwa 4 pelukan sehari bermanfaat untuk bertahan hidup, 8 pelukan sehari untuk membantu perawatan, dan 12 pelukan sehari untuk mendukung pertumbuhan.

Intinya, kita memerlukan pelukan sebanyak dan selama yang dapat kita lakukan. Jadi, berapa lama durasi pelukan Anda dalam sehari?

Demikianlah penjelasan tentang durasi cuddle yang ideal. Setelah memahami info ini, apakah Anda berminat untuk mengatur jadwal berpelukan?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi