Soal Adopsi Resolusi Gencatan Senjata DK PBB, Turki: Penting untuk Akhiri Pembantaian

ERA.id - Kementerian Luar Negeri Turki menyambut baik diadopsinya resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) yang menyerukan gencatan senjata di Jalur Gaza dan menyebutnya sebagai langkah penting.

"Kami menganggap Resolusi 2735 Dewan Keamanan PBB yang diadopsi pada 10 Juni yang bertujuan untuk mewujudkan gencatan senjata di Gaza, sebagai langkah penting untuk mengakhiri pembantaian tersebut," kata kementerian itu, dikutip Anadolu, Selasa (11/6/2024).

Pernyataan itu muncul setelah Dewan Keamanan pada Senin mengadopsi resolusi yang dirancang Amerika Serikat untuk mendukung proposal yang digariskan oleh Presiden AS Joe Biden untuk gencatan senjata di Gaza.

"Kami menyambut baik pendekatan konstruktif dan positif Hamas terhadap rencana gencatan senjata," ujarnya.

Dalam pemungutan suara itu, Rusia abstain sedangkan 14 negara lain mendukung resolusi gencatan senjata, termasuk Amerika Serikat sebagai negara pengusul.

"Sangat penting bagi Israel untuk mengumumkan komitmennya terhadap penerapan gencatan senjata permanen dan sepenuhnya menerapkan semua elemen resolusi," katanya.

Kementerian juga menekankan bahwa Turki akan terus berkontribusi pada langkah-langkah yang akan memastikan berakhirnya perang secara permanen, penarikan Israel dari seluruh Gaza dan pembebasan sandera dan tahanan.

Termasuk kembalinya warga Palestina yang terlantar ke Gaza, pengiriman bantuan kemanusiaan dan rekonstruksi Gaza yang memadai dan tidak terputus.

DK PBB mengesahkan resolusi nomor 2735 tahun 2024 untuk mewujudkan gencatan senjata serta penyelesaian secara komprehensif konflik di Jalur Gaza akibat agresi Israel yang berlangsung sejak Oktober 2023.