Sandiaga Sebut Anies Baswedan Berpeluang Menang di Pilkada Jakarta Jika Usung Tema Berkelanjutan

ERA.id - Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menilai, Anies Baswedan berpeluang memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 apabila bersedia mengusung tema keberlanjutan.

Menurunya, tema keberlanjutan bisa menambah jumlah suara pemilih. Sehingga peluang Anies kembali memimpin Jakarta di periode kedua cukup terbuka. 

"Kalau misalnya dia bisa mengusung tema keberlanjutan ini, maka dia akan dapat limpahan suara dari yang ingin melanjutkan pemerintahan," kata Sandiaga di Aula At-Taqwa Sriwijaya, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2024).

Menurutnya, Anies juga merupakan salah satu kandidat yang paling diuntungkan dengan tema keberlanjutkan. Apalagi, Anies merupakan sosok petahana.

Dia menambahkan, tema keberlanjutan yang digaungkan oleh Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto tidak hanya untuk tingkat nasional. Tetapi juga di daerah.

"Sepengetahuan saya, tema keberlanjutan ini bukan hanya di tingkat nasional. Tapi tema ini di level lokal, termasuk Jakarta. Jadi Pak Anies sangat diuntungkan dengan tema keberlanjutan ini," ucapnya.

Selain Anies, menurut Sandiaga, nyaris seluruh kepala daerah petahana juga diuntungkan dengan tema keberlanjutan. Dia lantas mencontohkan Khofifan Indar Parawansa yang bakal maju di Pilkada Jawa Timur, hingga Ridwan Kamil yang berencana berlaga di Pilkada Jawa Barat.

"Semua incumbent menurut saya, Bu Khofifah, Pak Ridwan dan Mas Anies memiliki posisi yang diuntungkan. Karena mereka incumbent, karena tema nasionalnya keberlanjutan, ini nanti dilanjutkan," ucap Sandiaga.

Sebelumnya, Anies Baswedan menyatakan kesiapannya untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Mantan gubernur Jakarta itu kini tinggal menunggu tiket dari partai-partai politik pemilik kursi di DPRD.