Bantu Cegah Nganggur Usai Lulus, Program Enrichment Buka Peluang Kerja Hanya dengan 2,5 Tahun Kuliah

ERA.id - Menganggur usai lulus kuliah kini menjadi salah satu momok yang ditakutkan oleh generasi muda. Namun, tampaknya hal tersebut dapat dihindari dengan mengikuti program enrichment yang dibentuk oleh Bina Nusantara University (BINUS).

Program tersebut menawarkan “2,5 Tahun Kuliah, Langsung Gapai Kariermu”, yang dirancang agar mahasiswa lebih dahulu mengenal industri kerja sesuai jurusan mereka. 

“Ini program yang namanya enrichment, di mana program itu 5 semester, which is 2,5 tahun, itu mereka kuliah di dalam kelas. Kemudian setelahnya mereka harus mengikuti program enrichment itu berkesempatan untuk belajar tetapi langsung praktik di lapangannya, di industrinya,” ujar Rektor BINUS University, Nelly, pada Jumat (21/6/2024). 

Program tersebut memiliki tujuh track pembelajaran yang sesuai dengan minat dan rencana karier panjang. Mulai dari enterpreneurship, research, internship, further study, community development, study abroad, hingga specific independent study

“Ada beberapa trek di situ, salah satunya internship ke industri, lalu Binus bekerja sama dengan banyak industri untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa ini. Bersama-sama bekerja sama Binus dengan industri,” tuturnya. 

Meski nantinya bekerja langsung di industri, para mahasiswa akan tetap dibimbing oleh kampus dengan rencana pembelajaran yang ditetapkan. Ini mewajibkan mahasiswa untuk tetap menuntaskan rencana belajar yang sudah disesuaikan dan lulus tepat pada waktunya. 

“Learning plan itu juga di-create bersama industri dengan tetap menjaga learning outcomenya yang sudah ditetapkan untuk mahasiswa sesuai dengan program studi yang mereka ambil. Jadi mereka punya kesempatan belajar, berkembang di industrinya, tetapi tetap in touch dengan kita (Binus), lewat learning management system yang kita miliki,” jelasnya.

Nelly juga menjelaskan bahwa program ini mempercepat mahasiswa untuk siap masuk dunia kerja, sehingga memperkecil kemungkinan kesulitan mendapat pekerjaan setelah lulus. Mereka akan lebih awal menggapai karier yang diinginkan. 

“Kita melihat bagaimana ya anak-anak ini lebih cepat dekat dengan industrinya, lebih mengenal lebih dulu, dan tahu kebutuhan di industrinya seperti apa. Sebaliknya juga industri lebih cepat mengenal anak-anak itu. Makanya di sini kita mengatakan 2,5 tahun kuliah, dia bisa lebih awal menggapai kariernya,” pungkas Nelly. 

Sementara itu, program enrichment tersebut sudah berjalan sejak 2014 lalu dan sudah memberikan dampak positif bagi ribuan mahasiswa. Pada program tersebut juga terdapat sekitar 2.200 perusahaan yang bekerja sama, yang memudahkan mahasiswa memilih tempatnya untuk berkarier nantinya.