Profil Zhang Zhie Jie, Atlet Badminton China yang Tutup Usia di Tengah Laga, Begini Kronologinya

ERA.id - Berita duka datang dari dunia Badminton Asia Junior 2024 yang diselenggarakan di GOR Amongrogo, Yogyakarta, pada Minggu (30/6/2024). Tunggal putra yang mewakili China, Zhang Zhi Jie, meninggal dunia saat bertanding melawan wakil dari Jepang, Kazuma Kawamo pada babak penyisihan Grup D. Simak profil Zhang Zi Jie di bawah ini.

“Zhang Zhi Jie dari Tiongkok, pemain tunggal, pingsan di lapangan saat pertandingan malam hari lalu dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat kemarin,” demikian pernyataan resmi Badminton Asia yang dirilis di akun Instagram @badmintonasia.official pada Senin (1/7/2024) dini hari.

Kronologi Meninggalnya Zhang Zhi Jie

Pada Minggu (30/6/2024), Zhang Zhi Jie ditentukan bertanding dengan pebulutangkis Jepang, Kazuma Kawamo di babak penyisihan Grup D Badminton Asia Junior 2024.

Namun tak disangka, pemain asal China itu terjatuh di lapangan dan langsung mengalami kejang-kejang.

Suasana menjadi tegang. Rasa kaget bercampur takut dan bingung menyelimuti seisi GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Tim medis pun langsung bertindak cepat dengan memeriksa Zhang yang tergeletak pingsan di lapangan dan bergegas membawanya ke rumah sakit.

Namun sayang, nyawa atlet muda itu tidak bisa lagi tertolong, Zhang Zhi Jie mengembuskan nafas terakhirnya pada usianya yang ke-17 tahun.

“Zhie Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang ketika dia pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis. Ia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit, untuk dilarikan ke rumah sakit,” lanjut pernyataan tersebut.

Dari pernyataan tersebut, Badminton Asia, PBSI, dan panitia penyelenggara, mengungkapkan ucapan belasungkawa kepada orang tua Zhang Zhi Jie, keluarga, dan Asosiasi Bulutangkis China (CBA).

“Dunia bulutangkis kehilangan pemain berbakat,” tutup pernyataan tersebut.

Profil Zhang Zhi Jie. (Instagram/@pbdjarumofficial)

Profil Zhang Zhi Jie

Zhang Zhi Jie merupakan atlet muda China yang mempunyai karir menjanjikan. Tunggal putra ini lahir pada tanggal 30 Januari 2007. Ia sudah menduduki peringkat ke-8 dunia untuk kategori junior.

Dikutip dari laman Badminton World Federation (BWF), pada tahun 2024, Zhang Zhi Jie mengukir prestasi yang cukup gemilang dengan lolos ke partai final di dua turnamen.

Pada bulan Februari 2024 lalu, Zhang Zhi Jie berhasil masuk ke partai puncak Yonex Dutch Junior International 2024. Ia menyabet gelar juara setelah berhasil mengalahkan sesama wakil China, Hu Hze An.

Adapun pada pagelaran Yonex German Junior 2024, Zhang Zhi Jie juga mempersembahkan penampilan yang cukup baik. Ia kembali masuk ke babak final, tetapi ia harus bertekuk lutut saat melawan rekannya sesama perwakilan China, Wang Zi Jun.

Sementara itu, Badminton Asia Junior Championship 2024 yang sedang dijalaninya sebelum meninggal dunia yaitu kejuaraan khusus atlet yang berusia di bawah 19 tahun alias U-19. Kejuaraan berformat beregu campuran ini digelar oleh BNI.

Dalam kejuaraan ini, tepatnya pada Jumat (28/6/2024) Zhang Zhi Jie melawan Singapura dan berhasil menang dalam pertandingan tersebut. Sementara di hari yang sama pada pertandingan sebelumnya, ia bertanding melawan Jepang, tetapi kalah.

Sedangkan sehari sebelum meninggal dunia pada Sabtu (29/6/2024), China berhadapan dengan Hongkong, dalam pertandingan tersebut Zhang Zhi Jie tidak diturunkan.

Demikianlah profil Zhang Zhi Jie, atlet badminton wakil China yang tutup usia di medan laganya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…