Dirut CIA Turun Tangan Soal Gencatan Senjata, Terbang ke Mesir Pekan Depan

ERA.id - Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA), William Burns, dilaporkan akan mengunjungi ibu kota Mesir, Kairo, selama sepekan ke depan. Kunjungan itu disebut untuk membicarakan masalah gencatan senjata di Jalur Gaza.

Menurut laporan media Mesir Al Qahera News, Burns akan terlibat dalam pembicaraan tentang gencatan senjata di Jalur Gaza dan kesepakatan pertukaran sandera.

Selain itu, ;aporan tersebut juga menyatakan, delegasi Israel diharapkan tiba di ibu kota Mesir dalam beberapa jam ke depan untuk melanjutkan pembicaraan soal gencatan senjata.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Mesir akan menerima delegasi dari Israel dan Amerika Serikat untuk membahas poin-poin yang masih menjadi perdebatan antara Hamas dan Israel dalam gencatan senjata.

Pada hari yang sama, portal berita Axios juga melaporkan bahwa Burns akan mengunjungi ibu kota Qatar, Doha, pekan depan untuk berpartisipasi dalam pembicaraan mengenai kesepakatan sandera dan gencatan senjata di Gaza.

Kantor kepala otoritas pemerintahan Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada pekan lalu bahwa para negosiatornya telah menerima komentar Hamas tentang kesepakatan prospektif yang akan memastikan pembebasan sandera dengan imbalan gencatan senjata di Gaza.

Kepala intelijen Israel David Barnea terbang ke Qatar pada Jumat untuk melanjutkan pembicaraan tidak langsung dengan kelompok Hamas.

Kantor Netanyahu menyatakan proses negosiasi akan berlanjut pada pekan depan dan bahwa masih ada perbedaan antara kedua belah pihak.

Melalui berbagai operasi dan upaya kemanusiaan, 135 orang dibebaskan dari tahanan kelompok Hamas, termasuk sandera yang sudah meninggal yang jenazahnya dipindahkan dari daerah kantong tersebut.