Viral Perempuan Ngamuk karena Beli Susu UHT Seliter tapi Diberi yang Tak Dingin

ERA.id - Viral seorang perempuan mengamuk di sebuah minimarket karena susu UHT (Ultra High Temperature) yang dibelinya tidak dalam kondisi dingin saat sampai kepadanya.

Diduga si perempuan tersebut membeli susu UHT berukuran seliter lewat pemesanan online. Saat barang tiba di rumahnya, perempuan tersebut mendapati pesanannya ternyata bukan susu yang dingin.

Dalam kondisi kesal, si perempuan datang ke minimarket tempatnya berbelanja dan meminta kasir untuk mengembalikan uangnya. Entah kapan kejadian tersebut berlangsung, adapun videonya disebar lewat akun X @gojekmilitan pada Selasa 9 Juli 2024.

Merespons video itu, akun Oni Dewono (@OniDewono) memberikan penjelasan terkait perbedaan antara susu UHT dan susu pasteurisasi.

“Harus bedakan antara susu UHT dan susu pasteurisasi. Kalau UHT memang ngga perlu masuk kulkas, karena bakteri patogennya sudah dimatikan dengan pemanasan suhu tinggi,” tulis Oni dalam cuitannya.

Katanya lagi, susu UHT diproses dengan pemanasan suhu tinggi yang membunuh semua bakteri patogen. Sehingga dapat disimpan pada suhu ruang tanpa perlu didinginkan.

Sebaliknya, susu pasteurisasi mesti dipanaskan pada suhu yang lebih rendah dan kondisinya yang dingin mesti terjaga. Kondisi ini membuat bakteri patogen dalam susu tersebut tidak mati dan untuk memperpanjang usia susu tersebut, maka mesti disimpan di lemari pendingin serta harus segera dikonsumsi.