Bertemu Putin, India Serukan Perdamaian Rusia-Ukraina: Kami Siap Berkontribusi

ERA.id - India menyerukan dukungan untuk menyelesaikan konflik Ukraina dan Rusia secara damai. India juga bersedia untuk berkontribusi dalam proses perdamaian itu.

Dukungan itu disampaikan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi setelah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Modi menegaskan India siap memberikan kontribusi demi mewujudkan perdamaian itu.

"Kami siap memberikan kontribusi apa pun untuk menyelesaikan konflik tersebut," kata Modi, dikutip TASS, Rabu (10/7/2024).

Selama pertemuan itu, Modi dan Putin sepakat bahwa konflik yang sedang terjadi antara Rusia dan Ukraina harus segera diselesaikan. Menurut Modi, India yakin konflik apa pun secara global hanya dapat diselesaikan dengan cara damai melalui dialog dua negara.

"Roket, peluru, atau senjata tidak bisa membantu menyelesaikan masalah atau membangun perdamaian. Kami yakin hanya jalur dialog damai yang bisa membantu. Harus ada dialog," tegasnya.

"Masa depan cerah generasi mendatang membutuhkan perdamaian," tutupnya.

Pernyataan sikap Modi kepada Ukraina ini muncul setelah negara sekutunya, Amerika Serikat, memberi peringatan kepadanya saat ingin mengunjungi Rusia. Saat itu AS mendesak India berpihak pada Ukraina dan menghormati Piagam PBB.

"Kami akan mendesak India, seperti yang kami lakukan kepada negara lain ketika berurusan dengan Rusia, bahwa resolusi apa pun dalam konflik Ukraina harus menghormati Piagam PBB yang menghormati wilayah Ukraina, kedaulatan Ukraina," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller.

Sebelumnya, kantor presiden Rusia, Kremlin, mengatakan Putin dan Modi akan memusatkan pembicaraan mereka pada pengembangan hubungan persahabatan lama Rusia dan India pada masa depan, juga isu-isu utama internasional dan regional.

Pertemuan tersebut bersamaan dengan pertemuan puncak NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) di Washington, Amerika Serikat.