Usai Bertemu PM Modi, Putin: Kami Punya Hubungan Istimewa

ERA.id - Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan terima kasih kepada Perdana Menteri Narendra Modi atas upayanya membantu menyelesaikan krisis Ukraina secara damai. Putin juga menyebut Rusia dan India memiliki hubungan yang semakin membaik.

"Saya berterima kasih kepada Anda atas perhatian yang Anda berikan terhadap masalah-masalah yang paling mendesak, termasuk upaya menemukan beberapa cara untuk menyelesaikan krisis Ukraina," kata Putin dalam pertemuan dengan Modi di Moskow, dikutip TASS, Rabu (10/7/2024).

Selama pertemuan itu, Putin juga menyampaikan selamat kepada Modi yang terpilih kembali untuk ketiga kalinya. Putin juga turut memuji perkembangan hubungan Rusia-India, yang juga ditandai dengan peringatan 77 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antar kedua negara.

"Saat ini, hubungan kami memiliki karakter kemitraan strategis yang sangat istimewa. Kami terus berhubungan dengan Anda dan memberikan perhatian khusus pada pengembangan hubungan perdagangan dan ekonomi, yang perkembangannya tentu saja sesuai dengan kepentingan kedua belah pihak, rakyat India dan rakyat Federasi Rusia," ujarnya.

Putin menunjukkan pesatnya pertumbuhan perdagangan bilateral antara Rusia dan India, dan mencatat bahwa pada tahun 2023, omset perdagangan meningkat sebesar 66 persen, dan pada kuartal pertama tahun 2024, terjadi peningkatan sebesar 20 persen.

Selain itu, ia juga berterima kasih kepada Modi atas “kerja sama yang erat” di platform internasional, termasuk PBB dan Organisasi Kerja Sama Shanghai, dan mengundangnya untuk menghadiri pertemuan puncak BRICS yang dijadwalkan pada 22-24 Oktober di Kazan, Rusia.