Kewajiban Anak di Rumah yang Harus Dijalani

ERA.id - Setiap orang tentunya mempunyai hak dan kewajiban yang harus dijalankan secara beriringan atau bersamaan. Dalam Modul Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi (2021), Menurut Nyoman Ayu Putri Lestari, hak adalah semua hal yang diperoleh atau didapatkan seseorang.

Hak bersifat bebas digunakan, tetapi tetap harus diikuti dengan tanggung jawab. Dengan kata lain, kita harus menjalani kewajiban terlebih dahulu sebelum mendapatkan hak. Adapun yang dimaksud dengan kewajiban adalah hal-hal yang harus dijalankan terlebih dahulu untuk menerima hak. Selain orang dewasa, anak-anak pun memiliki kewajiban yang harus dilakukan.

Lantas apa kewajiban anak di rumah? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kewajiban Anak di Rumah

Baik orang tua ataupun muda, semuanya pasti mempunyai hak di mana pun mereka berada. Salah satunya adalah di rumah.

Contoh hak anak di rumah, yaitu menerima kasih sayang dari orangtua, serta menerima pujian atau apresiasi dari orangtua. Untuk mendapatkan hak tersebut, anak harus menjalani kewajibannya terlebih dahulu. Kewajiban ini hadir karena anak memiliki peran dalam keluarga.

Mengutip Buku Pelengkap Pembelajaran Pendidikan Pancasila (2023) oleh Umi Latifah dan Zaenuri Siroj, di bawah ini adalah contoh kewajiban anak di rumah:

Ilustrasi (Unsplash/Mathilde Langevin)

Berbakti kepada orang tua

Setiap anak tentu harus berbakti kepada orang tua mereka di rumah. Dalam setiap norma, hal ini sudah ditetapkan sebagai kewajiban anak kepada orang tuanya. Cara berbakti kepada orang tua adalah dengan menjalani setiap nasihat dan permintaan mereka.

Belajar dengan tekun

Seorang anak juga harus belajar dengan tekun, mengingat usianya yang masih dalam usia sekolah. Selain itu, mereka juga bisa mempelajari apa pun yang bisa didapatkan di rumah. Misalnya mempelajari keterampilan dari sang ayah atau ibu. Hal ini berguna bagi kehidupan masa depan si anak nantinya.

Merapikan kamar sendiri

Kewajiban anak lainnya yaitu merapikan kamar sendiri. Seorang anak harus dididik untuk bisa mandiri dan tanggap dengan keadaan sekitarnya. Setelah bangun tidur, anak dapat diajarkan untuk merapikan tempat tidur dan membersihkan kamar mereka.

Menjaga kebersihan rumah

Nilai-nilai terkait kesehatan dan kebersihan juga penting untuk diberikan kepada anak. Mereka bisa diajarkan untuk menjaga kebersihan rumah. Dengan demikian, mereka akan menyadari nilai-nilai yang berdampak terhadap kesehatan.

Adapun kewajiban anak di rumah yang lain yaitu:

  • Membantu orangtua membersihkan rumah
  • Menghormati orangtua atau orang yang lebih tua
  • Menjaga kerukunan dengan saudara kandung dan orangtua
  • Mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah) atau tugas sekolah
  • Menaati peraturan yang berlaku di rumah
  • Membuang sampah pada tempatnya.

Selanjutnya, setelah anak melaksanakan kewajibannya dengan benar, hak bisa diberikan kepada mereka, karena hal tersebut menjadi merupakan suatu hal yang sudah sepatutnya mereka peroleh. Hak paling mendasar yang harus diterima anak yaitu rasa aman dan nyaman saat mereka di rumah.

Itulah ulasan tentang kewajiban anak di rumah yang harus diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…