Makanan Penggemuk Kucing Alami yang Mudah Dibuat di Rumah

ERA.id - Memiliki kucing gemuk dan menggemaskan adalah dambaan para pecinta kucing. Namun, tidak semua kucing memiliki nafsu makan yang baik, sehingga Anda perlu tahu apa saja makanan penggemuk kucing yang aman.

Jika kamu salah satu pemilik kucing yang kurus, jangan khawatir! Ada banyak pilihan makanan penggemuk yang bisa membantu meningkatkan berat badan si meong kesayanganmu. Penasaran? Berikut diantaranya:

Rekomendasi Makanan Penggemuk Kucing

Dilansir dari The Cat Cares, berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang membuat anabul Anda gendut:

  1. Tambahkan Lemak Sehat

Berlawanan dengan kepercayaan populer,  ternyata tidak semua lemak buruk bagi kucing. Meskipun demikian, penting untuk memantau asupan lemak mereka untuk mencegah obesitas, termasuk beberapa lemak sehat dalam diet yang dapat membantu penambahan berat badan kucing Anda.

Selain itu, sumber lemak yang baik untuk makanan kucing buatan sendiri termasuk ikan berlemak, minyak nabati, dan lemak hewan. Lemak ini menyediakan kalori terkonsentrasi dan dapat membantu menggemukkan kucing Anda yang kurus.

Selain itu, minyak ikan juga dapat ditambahkan ke makanan mereka untuk meningkatkan kandungan kalori dan meningkatkan kesehatan keseluruhan mereka.

  1. Hindari Nasi dan Kentang sebagai Bahan Utama

Meskipun kucing dapat makan kentang, nasi, dan karbohidrat non-gandum lainnya, penting untuk diingat bahwa mereka adalah karnivora obligat. Diet kucing seharusnya terdiri dari nutrisi berbasis daging untuk menyediakan asam amino esensial seperti taurin.

Karbohidrat non-gandum dapat digunakan sebagai bahan pelengkap dalam resep makanan kucing, tetapi tidak boleh menggantikan daging sebagai komponen utama.

Akan tetapi, terlalu banyak memberi makan bahan-bahan ini dapat menyebabkan malnutrisi protein dan berkontribusi pada masalah kesehatan seperti diabetes.

Jangan pernah memberi kucing Anda kentang (freepik)
  1. Pertimbangkan Menambahkan Kulit Ayam

Jika kucing Anda kurus dan membutuhkan kalori tambahan, kulit ayam dapat ditambahkan ke makanan buatan sendiri.

Meskipun demikian, penting untuk menghindari memberi mereka kulit ayam mentah atau digoreng. Hal tersebut lantaran kulit ayam yang dimasak dapat memberikan kalori dan nutrisi tambahan.

Perlu diketahui, kucing liar atau feral juga mengkonsumsi kulit saat mereka berburu burung, jadi ini adalah bagian alami dari diet mereka. Namun, sangat penting untuk menghilangkan bumbu, minyak, bawang putih, atau bawang merah dari kulit ayam sebelum memberikannya kepada kucing Anda.

  1. Tingkatkan Daya Tarik Makanan

Beberapa kucing adalah pemakan yang pilih-pilih, kemudian dengan meningkatkan daya tarik makanan, nafsu makan mereka akan meningkat sehingga membantu mereka menambah berat badan.

Anda juga dapat bereksperimen dengan konsistensi, presentasi, bentuk, dan suhu makanan untuk menggoda mereka. Selain itu, menambahkan kaldu dari ayam rebus juga dapat membuat makanan menjadi lebih menarik lantaran banyak kucing lebih suka makanan hangat.

Namun ingatlah untuk menghindari menambahkan garam atau bumbu ke makanan kucing, karena dapat berbahaya bagi kesehatan mereka.

Dengan demikian, menggunakan bahan dan resep yang tepat dalam membuat makanan kucing bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu kucing kurus Anda menambah berat badan.

Namun, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter hewan Anda sebelum membuat perubahan diet apa pun. Mereka dapat memberikan panduan berdasarkan kebutuhan dan kondisi kesehatan spesifik kucing Anda.

Ingatlah untuk memantau penambahan berat badan kucing Anda dan menyesuaikan asupan makanannya sesuai kebutuhan.

Selain makanan penggemuk kucing, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…