Tips Memilih Kursi Kereta Ekonomi yang Bisa Anda Terapkan

ERA.id - Ketika bepergian dengan transportasi kereta api ekonomi, tentunya penumpang juga berharap merasakan kenyamanan. Solusinya yaitu dengan mengetahui tips memilih kursi kereta ekonomi yang nyaman.

Pada umumnya, perjalanan kereta api ekonomi ditempuh untuk jarak yang jauh dengan kereta api jarak jauh. Kereta api jarak jauh adalah kereta yang digunakan penumpang untuk menempuh perjalanan antarprovinsi.

Oleh sebab itu, perjalanan dengan kereta api ekonomi jarak jauh sangat ditentukan oleh Anda saat memilih kursi kereta yang akan digunakan selama jarak tempuh perjalanan. Simak tips memilih kursi kereta ekonomi di bawah ini.

Tips Memilih Kursi Kereta Ekonomi

Dalam website resminya, kai.id, untuk kemudahan penumpang, PT. KAI menyarankan untuk membeli tiket secara online. Namun, untuk memilih kursi kereta ekonomi, masih ada beberapa cara lainnya.

Ilustrasi Kereta Api (Foto: dok. Kemenhub)

Beli tiket secara online

Penumpang dapat membeli tiket secara online untuk mendapatkan kenyamanan perjalanan. Oleh karena itu, Anda dapat mengakses aplikasi KAI Access maupun website resmi milik PT KAI.

Dengan membeli tiket secara online, Anda dapat menyesuaikan tempat duduk kereta seperti yang Anda inginkan di setiap gerbong. Selain itu, penumpang juga dapat memahami kapasitas tempat duduk yang masih disediakan.

Tentukan tempat duduk sesuai arah laju kereta

Bagi penumpang yang jarang ikut transportasi massal ini, pada umumnya akan terasa pusing dan mual saat duduk berlawanan dengan arah lajunya. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menentukan tempat duduk sesuai dengan arah laju dari kereta ekonomi.

Jika kereta Anda melaju ke timur, disarankan untuk memilih tempat duduk yang menghadap ke timur juga. Sebagai contoh, jika Anda naik kereta dari Jakarta menuju ke Yogyakarta, disarankan untuk nomor tempat duduk antara 12-19, adapun jika menuju ke arah barat, pesan tempat duduk bernomor 1-11.

Namun, pastikan Anda memilih tempat duduk yang berada di posisi tengah. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari gangguan, misalnya suara bising yang berasal dari pintu akses yang sering dibuka tutup.

Tentukan tempat duduk di dekat jendela

Bagi Anda yang ingin nyaman di dalam kereta, sebaiknya pilihlah tempat duduk yang berada di dekat jendela saja. Terlebih jika Anda menaiki kereta saat pagi ataupun siang hari.

Kursi yang berada di dekat jendela akan memperlihatkan pemandangan indah berupa hamparan sawah sampai pegunungan hijau. Dengan memesan tempat duduk di dekat jendela, setidaknya Anda terhindar dari rasa bosan selama perjalanan.

Untuk mendapatkan tempat duduk di dekat jendela, pilihlah kursi dengan kode A atau D.

Jangan pilih tempat duduk di dekat toilet

Jika Anda lebih suka beristirahat selama perjalanan atau tidur, Anda disarankan untuk tidak memilih tempat duduk di dekat sambungan gerbong dan yang dekat dengan toilet. 

Dikhawatirkan Anda akan terganggu dengan suara pintu sambung yang dibuka dan tutup oleh penumpang atau petugas yang berlalu lalang. Selain itu, aroma tidak sedap dari toilet juga bisa membuat Anda tidak nyaman.

Tempat duduk dekat dengan gerbong restorasi

Anda juga bisa memilih tempat duduk dekat gerbong restorasi. Gerbong restorasi adalah gerbong yang menyediakan kebutuhan makanan atau minuman untuk para penumpang.

Dengan memilih tempat duduk yang dekat dengan gerbong ini, Anda sudah mengantisipasi rasa lapar. Anda juga bisa sekadar bersantai sambil meminum kopi.

Hindari tempat duduk yang terkena sorot matahari

Ketika siang atau sore hari, cahaya matahari menjadi hal yang paling dihindari selama perjalanan. Pemilihan tempat duduk ternyata juga berpengaruh terhadap sorotan cahaya matahari.

Jika ingin beristirahat atau sekadar terhindar dari sorotan cahaya matahari, Anda bisa pilih tempat duduk dengan kode C. Selain itu, hindari tempat duduk dengan kode A atau E sebab cahaya mataharinya cukup menyilaukan.

Perhatikan posisi AC

Kereta ekonomi juga menyedikan fasilitas AC, yang biasanya ditempatkan pada bagian tengah kereta. Suhu AC akan terasa lebih dingin pada malam hari. Jika tidak kuat dingin, Anda disarankan untuk tidak memilih kursi dekat AC.

Tempat duduk yang dekat lorong

Jika Anda termasuk tipe yang suka duduk di dekat lorong, pilihlah kursi yang berada di samping lorong. Dengan memilih kursi ini, Anda tidak perlu risih berdekatan dengan penumpang lain.

Sesuaikan dengan barang bawaan Anda

Setiap kursi penumpang memang sudah menyediakan ruang bagasi di bagian atas, tapi ada beberapa kursi yang mempunyai kapasitas penyimpanan barang dengan ukuran besar.

Jika dalam perjalanan Anda akan membawa banyak barang, sebaiknya jangan pilih tempat duduk dengan nomor 1-4 ABCD dan 19-22 ABCD.

Pilih kursi dekat pintu keluar stasiun

Anda juga dapat memilih kursi dekat pintu keluar. Hal ini dilakukan agar Anda mudah saat turun dari gerbong kereta.

Pada umumnya, pintu keluar di setiap stasiun terletak di bagian tengah. Nah, Anda bisa pilih gerbong kereta yang berada di tengah.

Demikianlah ulasan mengenai tips memilih kursi kereta ekonomi yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…