Feeling Lonely Artinya Apa Sih? Pahami Juga Cara Mengatasinya di Sini

ERA.id - Apakah Anda sudah memahami arti feeling lonely? Feeling lonely adalah sebuah frasa dalam bahasa Inggris yang pada saat ini banyak diungkapkan oleh orang-orang. Agar tidak salah dalam memahami dan juga menggunakan frasa ini, tentunya kita perlu tahu arti feeling lonely.

Feeling Lonely Artinya Apa?

Mengutip dari Kamus Oxford, feeling lonely yaitu frasa yang terdiri dari 2 kata, feeling yang berarti perasaan dan lonely yang artinya kesepian. Secara umum, arti feeling lonely yaitu perasaan kesepian.

Feeling lonely merujuk pada sensasi atau perasaan sedih atau terisolasi yang hadir saat seseorang merasa tidak mempunyai koneksi atau hubungan yang mendalam dengan siapa pun, baik secara fisik ataupun emosional.

Meskipun seseorang sedang berada di tengah keramaian, tetapi perasaan kesepian dapat dirasakan sebab tidak ada hubungan emosional yang mendalam atau rasa terpencil dari lingkungan sekitarnya.

Perasaan kesepian dapat hadir dalam berbagai situasi, misalnya ketika seseorang merasa diabaikan, tidak dipahami, atau tidak dihargai oleh orang sekitarnya.

Menurut Campaign To End Loneliness, terlepas dari pengalaman hidup masing-masing, semua orang dapat merasakan 'feeling lonely'. Kesepian bisa saja berkaitan dengan perasaan tidak puas pada diri sendiri. Sehingga, seseorang tidak bisa membawa dirinya di depan publik.

Ketidakpuasan pun pada akhirnya menjadikan seseorang tersisih dan terisolasi. Perasaan itu membuatnya cenderung memandang kenyataan di sekitarnya secara negatif. Hal ini dapat melahirkan kebencian dalam diri sendiri. Dampaknya tentu akan sangat buruk pada diri dan lingkungan sekitar.

Meski begitu, merasa kesepian juga belum tentu sebagai sebuah hal yang buruk. Hal ini bisa menjadi pengingat bahwa ada suatu hal yang salah dengan lingkungan sosial. Jika benar, maka Anda harus memprioritaskan kebahagiaan dalam hidup Anda.

Ilustrasi (Freepik/yanalya)

Bagaimana Cara Mengatasi Feeling Lonely?

Setelah memahami apa itu feeling lonely, selanjutnya kita harus mengetahui cara mengatasi hal tersebut. Di bawah ini adalah beberapa cara mengatasinya dilansir dari Greater Good Magazine:

Hubungi Teman atau Keluarga

Beri tahu teman atau keluarga bagaimana perasaan Anda dan mintalah dukungan kepada mereka. Menelepon atau mengirim pesan bisa menjadi cara proaktif untuk mengubah suasana hati dan mengurangi rasa kesepian.

Jaga Kesehatan Fisik

Merawat tubuh kita juga bisa dijadikan solusi untuk menghilangkan rasa kesepian. Sebagai contoh, menjalani beberapa jenis latihan fisik yang bisa membantu membebaskan Anda dari rasa sedih.

Mengonsumsi makanan yang sehat juga cenderung akan membantu Anda merasa lebih baik, bahkan dapat mencegah depresi. Anda juga harus memiliki waktu tidur yang cukup.

Bersikap Baik kepada Orang Sekitar

Melakukan hal baik atau membantu orang lain dapat membuat kita merasa mempunyai koneksi dan juga dihargai. Memberikan kebaikan kepada orang lain juga akan melahirkan rasa senang juga di hati kita. Perasaan positif inilah yang bisa mencegah seserang merasa 'feeling lonely'.

Tambah Rasa Syukur

Mengungkapkan terima kasih kepada orang lain juga bisa mempererat ikatan sosial. Namun, untuk mengurangi rasa kesepian, Anda juga dapat menambah rasa syukur atas semua hal yang Anda miliki pada saat ini.

Dari sebuah penelitian, orang lanjut usia yang menjalani tugas untuk menyusun jurnal rasa syukur setiap hari tidak terlalu merasa kesepian seiring berjalannya waktu. Mereka juga merasakan tubuh mereka lebih sehat.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu feeling lonely dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini membantu.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…