Beralasan Masalah Pribadi, Jaksa Agung Bangladesh Mundur dari Jabatan

ERA.id - Jaksa Agung Bangladesh Amin Uddin mengundurkan diri dari jabatannya dengan alasan masalah pribadi. Pengunduran diri itu dia ajukan langsung kepada Presiden Mohammed Shahabuddin.

"Saya telah mengirimkan surat pengunduran diri kepada presiden. Saya menyebutkan sejumlah kesulitan pribadi sebagai alasan pengunduran diri saya di dalam surat tersebut," kata Uddin, dilansir Daily Star, Kamis (8/8/2024).

Amin Uddin diangkat sebagai jaksa agung Bangladesh pada tahun 2020.

Situasi Bangladesh dalam seminggu terakhir diwarnai dengan aksi protes dari mahasiswa yang menuntut sistem pegwai negeri di negara tersebut. Protes itu berubah menjadi kerusuhan yang menuntut Sheikh Hasina mundur dari jabatannya.

Perdana Menteri Bangladesh ratusan orangsh Sheikh Hasina telah mengundurkan diri di tengah kerusuhan tersebut. Hasina melarikan diri ke India, yang dikonfirmasi oleh Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar.

Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin menunjuk peraih Nobel Muhammad Yunus untuk menduduki jabatan sebagai penasihat utama pemerintahan sementara Bangladesh.