Prabowo-Gibran Diundang Hadiri Sidang Tahunan MPR/DPR

ERA.id - Pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka diundang untuk hadir dalam Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD pada 16 Agustus mendatang. Namun masih mengkonfirmasi apakah keduanya hadir atau tidak.

"Capres dan cawapres terpilih juga prinsipnya kami undang tapi kami masih harus mengkonfirmasi kembali kehadiran mereka ya," kata Sekjen DPR Indra Iskandar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/8/2024).

Dia mengatakan, Prabowo-Gibran merupakan tamu kehormatan disamping Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang saat ini masih menjabat.

"Prinsipnya tentu capres cawapres itu adalah tamu2 kehormatan selain presiden dan wakil presiden yang ada saat ini," ujar Indra.

Dia menambahkan, pelaksanaan Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD 2024 bakal berbeda dibanding empat tahun terakhir. Kompleks Parlemen akan dihiasi ornamen-ornamen yang lebih meriah.

Alasannya karena tahun ini merupakan tahun terakhir bagi para anggota DPR RI periode 2019-2024. Selain itu juga menjadi sidang tahunan terakhir bagi Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin yang masa jabatannya selesai pada pertengahan Oktober mendatang.

"Ini kan tahun terakhir periode jabatan presiden maupun DPR dan DPD. Jadi tentu memang mulai dari ornamennya kelihatan nanti akan sedikit berbeda akan sedikit lebih keliahatan meriah, akan dibuat lebih meriah tampilan ornamen-ornamenya," kata Indra.

Indra mengatakan kompleks parlemen akan dijaga ketat sejak 15 Agustus. pengamanan itu melibatkan personel TNI/Polri.

"Mulai tanggal 15, khususnya tanggal 16, keamanan itu akan sedikit lebih ketat dan pasti lalu lalang tidak nyaman karena kami tidak akan ngambil resiko akan ada sistem yang lebih lugas dalam pengamanan baik dari unsur TNI/Polri maupun Paspampres sehingga bagi yang nanti hadir pada tanggal tersebut tentu akan ada sedikit kekakuan yang tidak bisa dihindari," pungkas Indra.