Sudirman Sulaiman dan Nurdin Abdullah Bersatu dalam Upacara di Kantor Gubernur Sulsel

ERA.id - Dua orang mantan Gubernur Sulawesi Selatan yakni Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Lapangan Kantor Gubernur Sulsel di Makassar, Sabtu kemarin.

Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman yang juga sempat berpasangan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel periode 2018-2023 itu tampak berjalan bersama hingga duduk berdampingan. Terlihat mereka banyak bercerita dan tertawa bersenda gurau.

"Hari ini kami memenuhi undangan menghadiri upacara peringatan 79 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Andi Sudirman.

Tampak hadir pula Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh dan Forkopimda, Pejabat Struktural Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, serta tamu undangan.

Sementara itu, Sekda Sulsel Jufri Rahman sebagai Inspektur Upacara (Irup) mengatakan Peringatan Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju" yang merupakan seruan optimis untuk pembangunan di percepatan dan inovasi segala bidang.

“Kita memiliki tugas bersama dalam mewujudkan pembangunan Nasional dan Sulawesi Selatan melalui program-program untuk mewujudkan terwujudnya Indonesia Maju,” ujar Jufri Rahman.

Program provinsi Sulsel strategis berdasar prioritas nasional yaitu pengendalian inflasi, pengentasan kemiskinan ekstrem, stunting; peningkatan produktivitas dan ketahanan pangan; peningkatan pelayanan publik; reformasi Birokrasi dan tata kelola pemerintahan.

Dalam kesempatan itu, Jufri Rahman menyampaikan capaian Sulsel dalam era terakhir ini.  Hal positif, pertumbuhan ekonomi di triwulan pertama sebesar 4,82 persen.

Untuk pengendalian inflasi. Kinerja pemerintah pada triwulan I sebesar 2,03 persen, poin ini menempatkan Sulsel di urutan lima secara nasional.

Untuk triwulan II, pengendalian inflasi Sulsel turun lagi menjadi 1,7 persen. “Ini menempatkan Sulsel sebagai provinsi terbaik kedua secara nasional dan satu satunya provinsi di zona Sulawesi,” ujar Jufri Rahman