Profil Paetongtarn Shinawatra Perdana Menteri Thailand Baru Anak Miliader

ERA.id - Profil Paetongtarn Shinawatra menjadi perhatian setelah wanita 37 tahun tersebut terpilih sebagai Perdana Menteri Thailand ke-31. Paetongtarn sendiri menggantikan Srettha Thavisin, yang menjadi perdana menteri selama 16 tahun.

Srettha sendiri diberhentikan oleh Mahkamah Konstitusi karena dinyatakan bersalah melanggar etika dengan menunjuk seorang pengacara yang telah dihukum sebagai menteri pada bulan Mei tahun ini.

Profil Paetongtarn Shinawatra

Dilansir dari Times, berikut ini beberapa hal menarik mengenai Paetongtarn Shinawatra, Perdana Menteri Thailand yang baru:

  1. Anak Mantan Perdana Menteri

Mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, adalah ayah Paetongtarn Shinawatra  yang merupakan seorang miliarder, dan menjabat dari tahun 2001 hingga 2006 sebelum digulingkan dalam kudeta militer.

Dikenal dengan nama panggilan Ing, Paetongtarn adalah putri bungsu dari Thaksin Shinawatra, kepala dinasti politik yang telah mendominasi sebagian besar pemilu di Thailand sejak awal abad ini.

Paetongtarn Shinawatra adalah Anak Mantan Perdana Menteri (X)
  1. Lulusan Inggris

Paetongtarn mempelajari ilmu politik di Universitas Chulalongkorn yang merupakan perguruan tinggi bergengsi di Thailand dan kemudian meraih gelar master dalam manajemen hotel internasional dari Universitas Surrey di Inggris.

Pada usia 17 tahun, dia menjadi berita utama ketika bekerja paruh waktu di McDonald’s saat ayahnya datang berkunjung.

  1. Menikah dengan Pilot

Paetongtarn menikah dengan Pidok Sooksawas, seorang pilot komersial. Pasangan ini memiliki dua anak, termasuk seorang bayi laki-laki yang dilahirkannya saat dia sedang berkampanye untuk pemilu tahun lalu.

  1. Pebisnis

Sebagian besar pengalaman profesional Paetongtarn dari tahun 2011 hingga terjun ke dunia politik berkaitan dengan kerajaan bisnis keluarga Shinawatra, yang mencakup lapangan golf serta perusahaan di sektor real estate, perhotelan, dan telekomunikasi.

Hingga awal tahun 2024, Paetongtarn menjabat sebagai CEO bisnis perhotelan Rende Development Co., yang dijalankan oleh kakaknya, Pintongta Shinawatra Kunakornwong. Selain itu, Paetongtarn juga mengelola proyek utama seperti Rosewood Hotel yang mewah di Bangkok.

  1. Pemegang Saham Properti Terbesar

Menurut data Bloomberg, Paetongtarn adalah pemegang saham terbesar di perusahaan properti yang diperdagangkan secara publik, SC Asset Corp. Pcl, dengan kepemilikan saham sebesar 28,5% yang bernilai sekitar 5,2 miliar baht (sekitar $152 juta).

Namun sebelum menjabat sebagai Perdana Menteri, Paetongtarn perlu melepaskan perannya dalam bisnis dan mematuhi aturan kepemilikan saham sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Thailand.

  1. Karir Politik

Paetongtarn sudah terbiasa dengan karier politik Thaksin sejak dini. Saat berusia delapan tahun, dia ikut serta dengan ayahnya dalam pekerjaan pemerintahan pertama Thaksin sebagai menteri luar negeri.

Ketika berusia 20 tahun, Paetongtarn berlindung di rumah saat tank militer berpatroli di jalan-jalan Bangkok dan ketika tentara mengambil alih kekuasaan dari ayahnya. Dua tahun kemudian, dia menyaksikan ayahnya meninggalkan Thailand untuk menghindari hukuman korupsi yang menurutnya bermotif politik.

Paetongtarn secara resmi memulai karier politiknya ketika bergabung dengan Pheu Thai pada tahun 2021 sebagai direktur komite inovasi dan inklusivitas partai.

Dua tahun kemudian, dia memimpin kampanye pra-pemilu Pheu Thai dan maju sebagai salah satu dari tiga calon perdana menteri partai tersebut.

Janji yang diumbar Paetongtarn adalah untuk mengakhiri hampir satu dekade pemerintahan yang berafiliasi dengan militer yang dipimpin oleh Prayuth Chan-ocha.

Selain profil Paetongtarn Shinawatra, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…