Rapimnas Golkar Kelar Hanya Sejam, Agus Gumiwang: Tercepat dalam Sejarah Partai

ERA.id - Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar telah selesai dilaksanakan. Kegiatan yang berlangsung hanya sekitar satu jam itu memutuskan penetapan beberapa agenda, termasuk penerimaan terhadap pengunduran diri Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan ini merupakan pelaksanaan Rapimnas tercepat yang pernah digelar partainya. Namun, menurut dia, hal ini tidak mengurangi substansi materi yang dibahas.

"Alhamdulillah, Rapimnas kita sudah selesai, sudah berakhir, secara baik, cepat, tetap, konstitusional, tetapi tetap berdasarkan AD/ART. Alhamdulillah. Dan mungkin ini merupakan rapimnas tercepat dalam sejarah Partai Golkar, tanpa mengurangi substansi yang dibahas," kata Agus dalam konferensi pers di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2024).

"Ini menunjukkan bahwa di tengah-tengah dinamika badai apa pun yang dialami oleh Partai Golkar, Partai Golkar cepat beradaptasi, Partai Golkar tetap solid. Ini buktinya," sambungnya.

Agus menyebut berbagai kesepakatan yang diputuskan dalam Rapimnas diambil secara musyawarah mufakat. Salah satunya mengenai pengunduran diri Airlangga Hartarto.

"Berkaitan dengan pengunduran diri Bapak Airlangga Hartarto dari Partai Golkar dan itu sudah diterima dalam Rapimnas," ungkap Agus. 

"Kemudian juga diputuskan dalam Rapimnas penunjukkan Plt Ketum Partai Golkar yang tugas utamanya adalah mengantarkan pada Rapimnas dan Munas dan keputusan yang tadi sudah disepakati dari agenda Munas ke-XI Partai Golkar berkaitan dengan waktu tempat di Jakarta dan tema agenda itu sendiri," imbuh dia.

Agenda selanjutnya, yakni pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) XI Partai Golkar yang akan dibuka hari ini pada pukul 16.00 WIB. Menteri ESDM Bahlil Lahadalia Bakal hadir dalam pembukaan Munas.

"Insya Allah Pak Bahlil akan hadir pembukaan Munas nanti," ujar Agus.

Rencananya, Bahlil akan menyampaikan visi dan misinya sebelum ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Golkar yang baru pada Rabu (21/8/2024).

"Visi dan misi itu besok agendanya pukul 10.00-12.00 WIB. Untuk penyampaian visi misi sekaligus Partai Golkar menetapkan ketua umum baru," jelas Ketua Steering Committee Rapimnas dan Munas XI Partai Golkar Adies Kadir.