Riza Patria-Marshel Mundur, PAN dan Gerindra Alihkan Dukungan ke Benyamin-Pilar di Pilkada Tangsel

ERA.id - Koalisi Indonesia Maju (KIM) batal mengusung Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto di Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2024. Semuala, kedunya bakal maju sebagai bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota Tangsel.

Sekjen demisioner PAN Eddy Soeparno membenarkan soal partainya telah mencabut dukungan kepada Riza Patria-Marshel, dan mengalihkan dukungan kepada pasangan Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan.

"Iya, jadi kita sudah menandatangani SK kepada bakal pasangan Benyamin-Pilar, itu adalah pasangan yang telah kami usung di wilayah Tangsel. Dengan menarik dirinya Pak Riza, jadi otomatis kita harus usung paslon lain," kata Eddy di KPU DKI, Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Dia mengatakan, hal itu sudah atas sepengetahun partai-partai yang tergabung dalam KIM. Dia mengakui bahwa perubahan dukungan ini memang sangat cepat.

Oleh karena itu, PAN tak mau ketinggalan kereta dengan segera mengalihkan dukungan. Sebab, pendaftaran calon kepala daerah sudah dibuka sejak 27 Agustus 2024.

"Segala sesuatu bergulir dengan cepat, sehingga pemberitahuan itu disampaikan kepada kami dan langsung kami mengambil tindakan karena memang posisinya sudah di masa pendaftaran," kata Eddy.

"Jadi kami juga tidak mau tertinggal pada saat paslon sudah teragenda mendaftar," imbuhnya.

Terpisah, Riza Patria mengakui bahwa dirinya menarik diri dari pencalonan wali kota Tangsel 2024. Dia beralasan DPP Partai Gerindra memberikannya penugasan lain.

"Saya tadi malam diberi tahu oleh DPP Partai Gerindra, saya akan mendapatkan tugas lain. Jadi saya mundur dari pencalonan wali kota Tangerang Selatan," ucapnya.

Dia bungkam saat disinggung apakat tugas baru yang diberikan Gerindra kepada dirinya masih terkait dengan pilkada atau tidak.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa Gerindra ikut mendukung Benyamin-Pilar di Pilkada Tangsel 2024.

"Gerindra di Tangsel mendukung Pak Benyamin-Pilar," ucapnya.