Minuman Pengganti Kopi yang Direkomendasikan Para Ahli

ERA.id - Bagi sebagian besar orang, secangkir kopi di pagi hari merupakan minuman favorit. Kopi di pagi hari dikonsumsi untuk meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan memperbaiki suasana hati sebelum mengawali aktivitas sehari-hari.

Meskipun demikian, terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan kecanduan kafein. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi minuman pengganti kopi.

Minuman pengganti kopi di pagi hari

Beberapa minuman di bawah ini bisa Anda konsumsi sebagai pengganti kopi:

Air lemon

Mengutip Healthline, secangkir kopi bisa diganti dengan segelas air lemon untuk memulai hari tanpa kafein tetapi tetap memunculkan efek yang menyegarkan. Air lemon bebas kalori dan kafein serta memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh.

Sebagai antioksidan, vitamin C memiliki peran untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi kulit dari kerusakan karena paparan sinar Matahari.

Vitamin C sangat penting dalam produksi kolagen, protein yang menyediakan struktur dasar untuk kulit, tendon, dan ligamen. Agar air lemon terasa lebih segar, Anda dapat menambahkan buah dan herbal lain, misalnya mentimun, mint, semangka, dan kemangi.

Namun, minuman ini tidak disarankan bagi Anda yang memiliki keluhan lambung seperti GERD, atau sering mengalami gejala lemas dan kurang darah. Sebab, minuman air lemon akan menambah tubuh Anda semakin drop.

Air lemon (Freepik)

Kopi chicory (sawi putih)

Chicory adalah tanaman berbunga dari keluarga dandelion yang daunnya sering dimanfaatkan dalam salad. Akarnya secara alami bebas kafein, dan biasanya akan dipanggang, digiling, dan diseduh untuk menyeduh kopi.

"Dengan rasa yang sedikit berkayu dan pedas, minuman berbahan dasar sawi putih ini memiliki rasa yang mirip dengan kopi," jelas Rachael Link, ahli diet terdaftar yang berbasis di New York.

Teh hitam

Secangkir teh hitam juga dapat Anda jadikan alternatif yang cocok untuk pengganti kopi di pagi hari. Sebab, di dalamnya terkandung kafein sekitar setengah dari yang ada dalam 8 ons dari secangkir kopi.

Kandungan kafein dalam secangkir kopi dan teh dapat sedikit berbeda. Hal ini dikarenakan oleh faktor-faktor tertentu seperti waktu pemrosesan dan penyeduhan yang akhirnya berpengaruh terhadap tingkat kafein.

Teh hijau

Teh hijau merupakan alternatif lain yang sehat sebagai pengganti kopi di pagi hari. Menurut FDA, secangkir teh hijau mengandung sekitar setengah jumlah kafein dalam secangkir kopi.

"Kafein dalam teh hijau membantu meningkatkan ketajaman mental serta peningkatan metabolisme," jelas Anthony Kouri dari University of Toledo Medical Center.

Sementara itu, beberapa penelitian menyimpulkan bahwa orang yang minum teh hijau memiliki risiko yang jauh lebih kecil dari kanker kandung kemih, payudara, paru-paru, perut, pankreas, dan kolorektal.

"Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa teh hijau membantu mengurangi diabetes tipe 2 dan penyakit jantung," kata Kouri.

Cokelat panas

Minuman berikutnya yang dapat dijadikan alternatif pengganti kopi di pagi hari yaitu cokelat panas. Cokelat panas merupakan minuman rendah kafein yang kaya akan theobromine, stimulan sistem saraf pusat ringan.

Cokelat panas (Pixabay)

"Cokelat panas menawarkan semua rasa cokelat hitam yang dekaden, tanpa gula, dan lemak apa pun, dan hampir tanpa kalori," jelas Monica Reinagel, seorang ahli diet dan gizi berlisensi dikutip dari Newsweek.

"Meskipun secangkir teh atau kopi di sore hari sering terasa tidak lengkap tanpa sesuatu yang menyertainya, secangkir kakao yang diseduh, dengan atau tanpa percikan susu, terasa sangat memuaskan," tambahnya.

Itulah beberapa minuman pengganti kopi yang bisa Anda pilih untuk menambah semangat mengawali hari.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…