Jenis Minuman dan Makanan yang Mengandung Kafein, Lihat Daftarnya di Sini

ERA.id - Banyak orang yang mencegah atau mengatasi rasa kantuk dengan cara mengonsumsi minuman berkafein. Pada umumnya, salah satu hal yang dilakukan adalah minum kopi. Namun, tahukah Anda, tidak hanya kopi, ternyata ada juga minuman dan makanan yang mengandung kafein. Bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung, mungkin menghindari kopi untuk dikonsumsi. Nah, makanan dan minuman alternatif ini bisa Anda pilih sebagai pengganti kopi. Simak penjelasannya di bawah ini.

Minuman dan Makanan yang Mengandung Kafein Selain Kopi

Teh Hijau

Ilustrasi teh hijau (Foto: Pixabay)

Tahukah Anda, teh hijau juga ternyata mengandung kafein. Jenis teh ini sangat populer di Asia, khususnya Jepang. Selain mengandung kafein, minuman ini juga mengandung theanine yang mampu mengurangi stres.

Dikutip dari El Sevier, kombinasi kafein dan theanine dalam teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak dan kognisi, dan juga mengurangi kecemasan. Dalam 240 ml teh hijau terdapat kandungan 30-50 mg kafein, tergantung dari usia daunnya.

Sereal

Ilustrasi sereal sebagai makanan yang mengandung kafein (Foto: Pixabay)

Banyak orang yang melakukan diet dan memilih oatmeal sebagai menu utama pengganti nasi yang mengandung banyak serat. Namun, Anda harus memahami bahwa sereal yang selama ini Anda konsumsi ternyata mengandung kafein.

Minuman Cokelat

Biji kakao yang menjadi bahan coklat ternyata juga memiliki kandungan kafein yang alami. Oleh sebab itu, ketika Anda mengonsumsi susu cokelat yang kandungan kakaonya sebesar 33%, berarti Anda juga mengonsumsi minuman yang di dalamnya terkandung sebesar 45 mg kafein. Cokelat juga memiliki kandungan flavonol dan methylxanthines yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi.

Kuaci

Kuaci sebagai makanan yang mengandung kafein (Foto: Pixabay)

Salah satu camilan yang merakyat dan membuat banyak orang kecanduan ini ternyata juga mengandung kafein di dalamnya. Tak heran jika banyak yang menjadikan kuaci sebagai bahan utama untuk memompa energi.

Minuman Berenergi

Minuman berenergi juga memiliki kandungan kafein yang berfungsi untuk meningkatkan energi, memperbaiki suasana hati, dan juga meningkatkan kewaspadaan. Namun, sulit menentukan kandungan angka yang pasti dari minuman ini sebab terdapat banyak merk. Kandungan kafeinnya kira-kira berada di kisaran 50-505 mg. Selain kafein, dalam minuman ini juga terdapat kandungan taurin, asam amino alami di otak yang mempunyai sifat antioksidan.

Teh Hitam

Salah satu minuman yang memiliki kandungan kafein lainnya adalah teh hitam. Dalam sekitar 240 ml teh ini, terkandung sebesar 47 mg kafein. Anda bisa mengonsumsi minuman ini di pagi hari untuk menghilangkan kantuk dan dapat fokus dalam menjalani pekerjaan.

Kandungan kafein di dalamnya bahkan hampir dua kali lipat dari teh hijau. Selain itu, minuman ini juga memiliki manfaat yang besar untuk jantung, usus, dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Oleh sebab itu, Anda disarankan mengonsumsi teh hijau secara rutin untuk merasakan manfaatnya.

Kola Soda

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa kola soda juga memiliki kandungan kafein. Minuman ini mengandung sekitar 22 mg kafein jika Anda konsumsi sebanyak 240 ml. Tubuh akan menjadi lebih bersemangat karena mendapat asupan kafein dan juga kadar gula yang tinggi.

Namun, sebaiknya konsumsi minuman ini harus dibatasi atau pilihlah yang menggunakan pemanis lebih sehat. Sebab terlalu banyak mengonsumsi minuman manis tentunya memberikan dampak buruk bagi tubuh Anda.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa minuman dan makanan yang mengandung kafein. Bagi Anda yang memilih salah satunya untuk dikonsumsi, sebaiknya tetap dalam takaran atau dosis yang secukupnya, karena semua hal yang berlebihan tentunya akan berdampak buruk.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…