Jangan Salah Lagi, Begini Cara Menggosok Gigi yang Benar

ERA.id - Menggosok gigi harus dilakukan dengan baik dan benar agar kesehatan gigi tetap terjaga. Hal pertama yang harus dilakukan supaya sikat gigi dengan baik dan benar adalah memperhatikan waktu. 

Menurut drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSc, Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia, waktu menggosok gigi yang dianjurkan adalah pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.  

“Jadi kalau cara sikat gigi yang baik dan benar yang pasti adalah waktunya. Pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur,” ungkap Dokter Mirah saat ditemui di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, pada Jumat (30/8/2024).  

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah jenis pasta gigi. Jika memiliki masalah gigi berlubang atau gigi sensitif, maka gunakanlah pasta gigi yang bisa membantu mengatasi masalah tersebut. 

“Kemudian juga adalah pasta giginya. Kalau punya masalah gusi, cari yang memang sesuai. Kalau misal gigi berlubang, sama (pakai pasta gigi yang sesuai). Jadi kita pastikan sesuai dengan kebutuhan kita,” jelasnya.  

Kemudian dokter menyarankan untuk menyikat gigi selama dua menit. Tak hanya gigi saja yang disikat, gusi juga perlu disikat perlahan untuk memperlancar peredaran darah.

“Sikat gigi itu dua menit. Caranya dari merah ke putih, yaitu dari gusi ke gigi. Kemudian kalau bisa, anak-anak biasanya lebih gampang dengan gerakan memutar, tapi kalau dewasa sikat giginya itu diarahkan 45 derajat, jadi agak miring. Ini jadi tidak hanya gigi yang tersikat, tapi ada sebagian gusi yang ikut tersikat supaya memijat, karena gusikan banyak pembuluh darah agar disimulasi terus,” tuturnya. 

Tak hanya itu, masyarakat juga disarankan untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali. Ini agar kesehatan gigi bisa dipastikan dan memperoleh cara-cara perawatannya dengan lebih baik dari ahlinya. 

“Kemudian juga ke dokter gigi enam bulan sekali. Dokter gigi akan mengajari itu, karena memang banyak sekali orang Indonesia yang masih menyikat gigi di waktu yang salah, yaitu ketika mandi,” pungkas Dokter Mirah.