Solusi Ridwan Kamil Atasi Stres Warga Jakarta, Sediakan Aplikasi hingga Mobil Curhat

ERA.id - Calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) menilai, salah satu masalah yang dihadapi warga di Jakarta adalah jarak rumah ke tempat kerja yang terlalu jauh. Sehingga menyebabkan stres dan 30 persen penghasilan masyarakat habis untuk kebutuhan transportasi.

Ridwan mengatakan, untuk mengatasi permasalahan itu, ia bakal menyediakan aplikasi curhat jika nantinya terpilih sebagai Gubernur Jakarta dalam Pilkada 2024.

"Ujungnya saya tahu, kota bikin stres, maka kita menginginkan ada solusi juga. Salah satunya ada aplikasi curhat nanti disiapkan. Sudah saya praktikkan, itu efektif sekali," kata Ridwan saat berkunjung ke markas Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta di Fanta Headquarters, Jakarta, Senin (2/9/2024).

"Jadi ada aplikasi curhat, biar curhatnya enggak di IG story terus lah ya," sambungnya.

Selain aplikasi, Ridwan menyebut, ia juga akan menyiapkan solusi berupa mobil curhat. Dia menjelaskan, baik aplikasi maupun mobil curhat ini bakal dilengkapi oleh tenaga profesional atau konselor untuk memberikan solusi.

"Ada orang yang berilmu bisa menjadi teman curhat dan memberi solusi. Dan nanti ada mobil curhat juga warnanya pink keliling-keliling di dalamnya ada konselor jadi bisa  konsultasi," jelas dia.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini menjelaskan, solusi tersebut menunjukkan bahwa negara hadir untuk membantu masyarakat. "Infrastruktur besar disiapkan, hal-hal kebahagiaan kecil buat gen z juga kita siapkan," ujarnya.

Tak hanya itu, Ridwan juga berencana untuk menambah rute perjalanan transportasi umum, seperti Transjakarta hingga Bogor. Tujuannya agar dapat memfasilitasi masyarakat yang tinggal di wilayah Bodetabek, tapi bekerja di Jakarta.

"Transportasi kita extend lagi ke Bekasi, Transjakarta coba kita extend ke bogor. Jadi langsung ke ujung-ujung dengan kerja sama," jelas Ridwan.