Ridwan Kamil Janji Pendidikan Gratis dari SD-SLTA di Sekolah Swasta

ERA.id - Calon gubernur (cagub) Jakarta, Ridwan Kamil (RK) menyebut akan membuat program pendidikan gratis untuk anak-anak yang bersekolah di sekolah swasta jika terpilih menjadi Gubernur.

"Oleh karena itu pasangan Rido (Ridwan Kamil-Suswono) ingin memberikan jawaban terhadap hal tersebut, pendidikan pada bapak-ibu Warga Jakarta, tahun depan gratis di swasta dari SD sampai SLTA (SMA)," kata RK saat berpidato dalam kegiatan debat Pilgub Jakarta di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara (Jakut), Minggu (27/10/2024).

Mantan Gubernur Jawa Barat ini menambahkan guru-guru di Jakarta juga akan dibuat lebih fokus mengurus murid-murid dan pendidikan ketimbang mengurusi hal teknis. Program Presiden Prabowo Subianto terkait makan siang gratis juga akan ditambahkannya pada segmen-segmen tertentu.

"Dan Jakarta sebagai kota stres nomor sembilan, kita selesaikan masalah stresnya. Jika butuh curhat ada aplikasi maupun mobil curhat jika dibutuhkan," ujarnya.

Dia lalu menyebut akan menyiapkan dokter keliling untuk para lansia dan disabilitas. Untuk mengatasi masalah ekonomi, Ridwan Kamil berjanji akan membuka satu juta lapangan pekerjaan.

"Terdiri dari 600 ribu di sektor formal, kemudian 300 ribu di sektor UMKM, dan 100 ribu di padat karya, di program Rp1 miliar per-RW yang akan diberikan kepada RW-RW se-Jakarta," jelasnya.