Profil Bernadya Penyanyi yang Sedang Hits, Lagunya Selalu Related

ERA.id - Nama Bernadya kerap berseliweran di media sosial sejak beberapa waktu belakangan. Penyanyi perempuan ini digandrungi banyak orang berkat karya-karya lagunya yang lembut masuk ke telinga. Banyak penikmat musik dan netizen yang penasaran dengan profil Bernadya sebagai musisi yang tengah naik daun. 

Selain lagunya yang hits di berbagai platform, Bernadya pun kerap diundang untuk manggung keliling Indonesia. Meski terbilang sebagai pemain baru, namun lagu-lagunya mampu membius banyak orang dan membuat tergiang-ngiang karena liriknya yang indah. 

Walaupun belum lama terjun di kancah musik Indonesia, penyanyi muda ini kini sudah mempunyai banyak fans garis keras. Apabila ada suatu momen atau peristiwa yang menyedihkan, lagu-lagu Bernadya seolah mampu merepresentasikan atau mewakili perasaan. 

Mari mengenal lebih jauh profil Bernadya dan bagaimana perjalanan kariernya hingga bisa menjadi penyanyi muda yang digemari banyak orang.

Profil Bernadya

Bernadya Ribka Jayakusuma lahir di Surabaya 16 Maret 2004. Perempuan yang akrab disapa dengan nama panggung Bernadya ini dikenal sebagai penulis lagu sekaligus penyanyi. Lantaran masih berusia 20 tahun, dirinya termasuk dalam kategori musisi muda dengan karier yang cemerlang.

Sebagai musisi, Bernadya diketahui terampil memainkan gitar dan piano. Perempuan berdarah Jawa ini lebih banyak mengeksplorasi genre pop dan bedroom-pop dalam karya musiknya. Selain menampilkan olah vokalnya, Bernadya juga senang menulis untuk menciptakan lagunya sendiri. 

profil Bernadya (IG/@bernadyaribka)

Pernah Ikut The Voice Kids

Karier musik Bernadya dimulai ternyata sudah dimulai sejak dirinya masih berusia belia. Pada tahun 2016 silam, Bernadya kecil pernah mengikuti ajang The Voice Kids Indonesia musim pertama. Dalam kompetisi kenamaan tersebut, ia tergabung dalam tim Tulus.

Pada tahun 2018, Bernadya membentuk duo musik bersama kakaknya dengan nama Celine & Nadya. Duo ini meluncurkan single debut mereka yang berjudul “Lugu”. Secara keseluruhan, Bernadya dan Celine merilis lima single dan satu album berjudul Love, Youth, You, Ch. 1 pada tahun 2021.

Namun proyek Celine & Nadya harus berakhir pada tahun 2022 karena Celine harus fokus pada studinya. Setelah berkarya secara Duo, Bernadya dan kakaknya akhirnya memilih untuk menjalani kariernya masing-masing.

Menjalani Debut Solo

Meskipun awalnya didorong untuk melanjutkan pendidikan kedokteran gigi seperti ibu dan kakaknya, Bernadya memilih untuk mengejar karier sebagai musisi. Setelah tidak duet dengan kakaknya, Bernadya tetap meneruskan passionnya di dunia musik sebagai writer dan penyanyi solo. 

Awal karier Bernadya sebagai penyanyi solo dilakoni dengan melakukan cover lagu di akun medsosnya. Pada tahun 2022, Bernadya kemudian memutuskan bergabung dengan label musik JUNI Records. 

Lagu debutnya “Apa Mungkin” diterima dengan sangat baik oleh publik dan bahkan sempat menjadi trending di media sosial. Kesuksesan lagu tersebut mengantarkan Bernadya meraih nominasi Pendatang Baru Terbaik di Anugerah Musik Indonesia 2023.

Bernadya kemudian merilis lagu berjudul “Satu Bulan” pada Jumat, 8 September 2023. Lagu ini mengisahkan seseorang yang belum bisa move on atau beranjak melupakan mantannya, sedangkan mantan kekasihnya tersebut sudah terlihat lebih bahagia sejak tidak bersamanya. 

Pada tahun 2024, setelah merilis album perdananya yang berjudul Sialnya, Hidup Harus Terus Berjalan, karier Bernadya semakin melesat. Lagu-lagunya yang melankolis namun manis ternyata banyak disukai oleh pendengar, yang merasa bahwa Bernadya berhasil menyuarakan perasaan mereka.

Diskografi Bernadya

  • “Apa Mungkin” - 2023 (single)
  • “Masa Sepi” - 2023 (single)
  • Terlintas - 2023 (EP)
  • Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan - 2024 (Album)

Demikianlah profil Bernadya penyanyi perempuan yang sedang hits karena lagu-lagunya yang indah dan mampu mewakili perasaan. Lagu-lagu Bernadya membuat banyak orang merasa related, sehingga mudah menyentuh perasaan. Baca juga Adele ungkap rencana rehat dari bermusik.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…