Tumpah Ruah Umat Katolik di GBK, Menanti Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus

ERA.id - Puluhan ribu umat Katolik tumpah rumah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hingga Stadion Madya pada Kamis (5/9/2024), untuk mengikuti misa akbar yang akan dipimpin langsung oleh Paus Fransiskus.

Meskipun misa baru dimulai pada pukul 17.00 WIB, sebagian besar umat Katolik dari berbagai penjuru Tanah Air sudah berdatangan sejak pukul 12.00 WIB. Mereka yang akan mengikuti misa akbar diwajibkan menggunakan gelang khusus.

Jelang pukul 15.00 WIB, hujan sempat mengguyur. Namun tak satu pun kursi di dalam SUGBK. Mereka yang datang justru kompak memakai jas hujan dan bersorak sorai.

Tak lama, hujan berhenti, berganti dengan teriknya matahari. Lagi-lagi, wajah senang dengan sorak sorai lah yang terdengar dari arah tribun.

"Ini momen langka, belum tentu ada lagi," ujar Cilla, salah satu umat Katolik dari Jakarta.

Tak sedikit pula umat yang tak memiliki gelang justru rela menunggu di luar SUGBK maupun Stadion Madya demi bisa melihat Paus Fransiskus.

"Saya buru-buru pulang jualan buat lihat Bapa Paus. Enggak punya gelang, misa dari luar saja," ucap seorang ibu yang sudah sedari siang menanti kedatangan Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus dijadwalkan memimpin misa akbar di SUGBK bersama puluhan pastor dan uskup.

Misa akan dimulai pukul 17.00 hingga 19.00 WIB. Paus Frnsiskus akan menyampaikan homili kepada umatnya.