Profil Silfester Matutina, Pendukung Loyal Jokowi Sejak Tahun 2013

ERA.id - Nama Silvester Matutina mendadak menjadi viral setelah perdebatan sengitnya dengan tokoh intelektual Rocky Gerung. Penasaran lebih lanjut, simak profil Silfester Matutina dalam artikel berikut ini.

Debat yang berujung pada potensi percekcokan fisik ini tidak hanya memicu perbincangan hangat di media sosial, tetapi juga mengundang pertanyaan mengenai sosok di balik relawan Jokowi yang begitu vokal ini.

Profil Silfester Matutina

  1. Lahir di Ende

Silfester Matutina, yang lahir di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, pada 19 Juni 1971, telah dikenal sebagai salah satu relawan terdepan yang mendukung Presiden Joko Widodo. Kehadirannya dalam berbagai acara politik bukanlah hal baru.

silfester matutina loyalis Jokowi sejak 2013 (Antaranews)
  1. Aktif Diskusi

Pria berusia 46 tahun tersebut kerap terlibat dalam berbagai diskusi dan wawancara, khususnya yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah.

Menariknya, Silfester dikenal sebagai sosok yang lantang dalam menanggapi kritik dari pihak oposisi.

  1. Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran

Pada Pilpres 2024, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk pasangan Prabowo-Gibran.

  1. Pendiri Solmet

Silfester Matutina juga mendirikan dan memimpin organisasi relawan Jokowi bernama Solidaritas Merah Putih (Solmet).

Perlu diketahui, organisasi ini dibentuk pada tahun 2013, saat Jokowi pertama kali mencalonkan diri sebagai Presiden RI.

Dalam Pilpres terakhir, Silfester berperan sebagai bagian dari tim pemenangan Prabowo Subianto, yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi.

  1. Melaporkan Fahri Hamzah

Pada tahun 2016, Silfester bahkan pernah melaporkan Fahri Hamzah ke Polda Metro Jaya, dengan tuduhan bahwa Fahri berniat melengserkan Jokowi dari posisinya sebagai presiden.

  1. Dipidana

Namun pada tahun 2017, justru Silfester yang terjerat kasus hukum setelah menyebarkan tuduhan fitnah terhadap mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Pada waktu itu, Silfester menuduh JK terlibat dalam praktik korupsi dan nepotisme, yang menurutnya berkontribusi pada kemiskinan di masyarakat. Akibat tuduhan tersebut, Silfester dikenai hukuman pidana.

Silfester kemudian dilaporkan ke Polda Metro Jaya akibat tuduhan yang ia lontarkan, dan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan memutuskan bahwa ia bersalah. Akibatnya, Silfester dijatuhi hukuman satu tahun penjara.

  1. Membela Kaesang

Baru-baru ini, Silfester juga mendapat kritik pedas dari berbagai kalangan karena membela Kaesang Pangarep terkait gaya hidup mewahnya, termasuk penggunaan jet pribadi untuk perjalanan ke Amerika Serikat.

Menariknya, ketika muncul banyak pertanyaan terkait dugaan gratifikasi atas penggunaan jet pribadi oleh Kaesang, Silfester justru membela putra bungsu Presiden Jokowi.

Bahkan Selfester juga berpendapat bahwa banyak warga Indonesia yang juga menggunakan jet pribadi, sehingga hal tersebut dianggapnya wajar.

  1. Apa Pekerjaan Silvester?

Terkait dengan riwayat pekerjaan, Silfester diketahui pernah bekerja sebagai bagian dari tim pemasaran di perusahaan terkemuka Garudafood.

Selain itu, melalui akun LinkedIn pribadinya, ia mencantumkan pengalaman sebagai marketing manager di maskapai Citilink pada periode 2011-2012.

Menariknya, Silfester juga menyebutkan bahwa sejak tahun 2010 hingga kini, ia menjabat sebagai board director di PT Srikandi Mahardika Mandiri.

  1. Debat Bersama Rocky Gerung

Dalam debat yang viral baru-baru ini, Rocky Gerung yang menjadi seorang pengamat politik, mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan menuduh bahwa Jokowi telah melanggar beberapa pasal yang berlaku.

Kritik Rocky kemudian memicu kemarahan Silfester Matutina. Terpancing oleh emosi, Silfester meminta bukti atas tuduhan Rocky dan merespons dengan nada keras.

Silfester menanggapi dengan tegas dan mengancam soal pengadilan dan beberapa bukti terkait. Hingga tak lama setelah itu, Silfester mendekati Rocky Gerung dan melontarkan kata-kata kasar.

Selain profil Silfester Matutina, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…