Khofifah-Emil, Risma-Gus Hans, Luluk-Lukman Resmi Ditetapkan Jadi Paslon Pilgub Jatim

ERA.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur resmi menetapkan tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur peserta Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024.

Ketiga calon itu, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (Khofifah-Emil), Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans), dan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim (Luluk-Lukman).

Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi mengatakan berdasarkan serangkaian pemeriksaan persyaratan pencalonan dan verifikasi berkas, ketiga pasangan calon dinyatakan diterima.

“Berdasarkan proses verifikasi berkas, baik persyaratan pencalonan maupun syarat calon, dan beberapa persyaratan yang lain sudah kami periksa semua melalui tim verifikator kami dan ketiganya kami nyatakan diterima,” kata Aang, Minggu (22/9/2024).

Aang menyampaikan ketiga paslon itu akan mengikuti pengundian nomor urut melalui rapat pleno terbuka di ballroom Hotel Mercure Darmo Surabaya mulai pukul 12.00 WIB, Senin (23/9/2024) besok.

Setiap paslon akan diundang dan diperbolehkan membawa 150 orang pendukung ke dalam arena, termasuk jajaran partai politik pengusung.

“Dan Jatim secara resmi per hari ini ada tiga paslon yang sudah ditetapkan dan selanjutnya akan mengikuti proses pengundian nomor urut di tanggal 23 september 2024,” ucapnya.

Setelah itu tahapan dilanjutkan dengan deklarasi kampanye damai yang diikuti seluruh paslon beserta pendukungnya di Tugu Pahlawan, Selasa (24/9/2024).

Ketiga paslon tersebut sudah lolos tes kesehatan jasmani dan rohani. Mereka juga dinyatakan tidak terindikasi melakukan penyalahgunaan narkotika.

“Kesimpulan pemeriksa tim kesehatan yang telah dibentuk oleh pihak RSUD dr Soetomo itu menyimpulkan dari tigas paslon yang dilakukan pemeriksaan untuk kesehatan jasmani dan rohaninya dianggap mampu,” katanya.

Untuk diketahui, Pilgub Jawa Timur 2024 diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon). Yang pertama ialah duet petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (Khofifah-Emil). 

Mereka diusung oleh koalisi besar 15 partai. Yakni PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Prima (tak lolos verifikasi).

Kedua, pasangan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans) yang diusung PDIP dan Hanura. Lalu ketiga, pasangan yang diusung PKB, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim (Luluk-Lukman).