Pimpinan MPR Periode 2024-2029 Ditetapkan Lusa, Ahmad Muzani Menguat Jadi Ketua

ERA.id - Ketua sementara MPR Guntur Sasono mengatakan, penetapan pimpinan MPR periode 2024-2029 akan dilakukan pada Kamis (3/10). Sebab masih ada proses yang harus dimatangkan.

"(Penetapan pimpinan MPR periode baru) belum, masih lusa," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Meskipun belum ada pimpinan MPR definitif, namun sejumlah nama mulai beredar untuk menempati posisi tererbut. Salah satunya nama Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Muzani diproyeksi oleh Partai Gerindra untuk menjabat sebagai Ketua MPR periode 2024-2029.

Menanggapi kabar tersebut, Guntur mengatakan bahwa pemilihan ketua maupun pimpinan MPR harus melalui mekanisme musyawarah mufakat.

"Itu harus ditentukan di dalam musyawarah mufakat. Ada ketentuan apabila musyawarah mufakat, tentu memakai sistem suara yang terbanyak, tetapi itu kita musyawarahkan yang terbaik," katanya.

Sebelumnya, Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani akan maju sebagai calon ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 2024–2029.

"Penugasan dari Partai Gerindra memang sudah ditetapkan bahwa Pak Ahmad Muzani akan maju sebagai calon ketua MPR," kata Dasco usai pelantikan anggota DPR, DPD, dan MPR periode 2024–2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).