Wapres Sebut TNI Berkembang Jadi Institusi Pertahanan Modern, Ingatkan Adaptasi Hadapi Ancaman Siber

ERA.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan bahwa dalam peringatan HUT Ke-79, TNI telah berkembang menjadi institusi pertahanan modern yang kuat dan profesional, serta telah berkontribusi besar selama 79 tahun kepada Tanah Air.

Menurut Wapres, TNI sebagai institusi tidak hanya menjaga kedaulatan bangsa, tetapi juga berperan dalam pembangunan nasional serta menjaga perdamaian dunia.

"Dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks, TNI harus terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi, terutama dalam meningkatkan kapabilitas pertahanan menghadapi ancaman siber, peperangan asimetris, dan dinamika geopolitik," kata Wapres dalam keterangan resmi diterima di Jakarta dikutip dari Antara, Sabtu (5/10/2024).

Sejalan dengan tema HUT TNI tahun ini, yaitu "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju", Wapres optimistis bahwa TNI akan terus menjadi pilar stabilitas dan keamanan dalam pembangunan nasional, termasuk dalam menyambut masa transisi pemerintahan.

Menjelang pergantian pemerintahan pada bulan Oktober ini, Wapres juga berharap TNI semakin mantap dalam menjalankan perannya mengawal transisi kepemimpinan nasional secara damai dan aman.

"Selamat ulang tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia," kata Wapres.

Adapun dalam puncak perayaan peringatan HUT Ke-79 TNI yang dilaksanakan di Lapangan Silang Monas Jakarta, Sabtu pagi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut mendampingi Presiden Joko Widodo.

Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan upacara resmi pada pukul 07.30 WIB di mana Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Rangkaian upacara mencakup pemeriksaan pasukan, pemberian penghargaan kepada tiga perwira tinggi TNI, serta penyampaian amanat Presiden.

Usai mengikuti upacara, Wapres yang didampingi isteri Wury Ma’ruf Amin juga diagendakan menyaksikan serangkaian acara puncak peringatan HUT TNI. Berbagai atraksi spektakuler akan ditampilkan tidak hanya oleh para prajurit TNI, tetapi juga artis dan musisi papan atas.

Penampilan dari prajurit TNI, meliputi demo bela diri, berkuda, atraksi dari Jupiter Aerobatic Team, terjun payung, Rajawali Laut Flight, demo anti-drone, defile pasukan dan alutsista, kirab alutsista bersama rakyat, drone theatrical, serta fly pass, boomerang, dan high-speed pass.

Sementara penampilan fantastis lainnya dibawakan oleh bintang tamu dari artis dan musisi ternama, seperti Dewa 19, Ari Lasso, Slank, hingga Raffi Ahmad.