Lift JPO di Surabaya Dibakar Anak Remaja, Pas Ditangkap Ngaku Disuruh Orang Dewasa

ERA.id - Lift Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Delta Plaza Surabaya dibakar seorang remaja pada Sabtu (5/10/2024) lalu. Hal itu terungkap saat PT Warna Warni menginvestigasi kasus itu dengan melihat rekaman CCTV.

Pihaknya mencurigai gerak-gerik seorang anak tersebut yang beberapa kali mondar-mandir di lokasi JPO Delta Surabaya di Jalan Pemuda.

“Kebakaran dari lift JPO pemuda dari hasil investigasi mandiri kami bukan karena konsleting listrik, tapi ada faktor eksternal. Dari hasil CCTV terlihat anak di bawah umur,” kata Humas PT Warna Warni Dinar Aisyah, saat press conference di Diskominfo Surabaya, Selasa (8/10/2024) kemarin.

Dinar menjelaskan, setelah kebakaran itu, pihaknya mengecek lift JPO tersebut. Hasilnya, ditemukan sebuah ada bekas kertas rokok yang terbakar di panel lift.

“Diduga kuat dikarenakan adanya perbuatan kriminal yang sangat disayangkan adalah dari seorang anak di bawah umur, yang terindikasi melakukan perbuatan terencana, dengan cara merusak panel kontrol lift,” jelasnya.

Melalui rekaman CCTV, kata Dinar, aksi membakar lift yang dilakukan anak berisinial MI (15) itu dengan cara mengikat kawat pada lift. Kemudian, menggajal pintu, lalu membakar kertas bungkus rokok di dalam panel kontrol lift.

“Barang bukti yang dibawa anak tersebut dan CCTV kami. Ada rokok, kawat, dan CCTV terlihat mondar mandir, naik turun, mencongkel,” ujarnya.

Petugas sekuriti sekitar akhirnya berhasil mengamankan remaja tersebut pada malam harinya. Lalu dibawa ke kantor PT Warna Warni untuk dinterogasi, kemudian diserahkan ke Polsek Genteng.

“Untungnya ketika ditangkap dia belum sempat melakukan apapun, dikejar, diamankan ke kantor kami, tidak diapa-apakan. Kita serahkan ke polsek,” jelasnya.

Ia juga menyebut barang bukti yang pihaknya didapat dari remaja tersebut berupa 3 kartu ATM jenis platinum di dalam dompetnya, sejumlah rokok, dan Kartu keluarga (KK).

Kagetnya lagi, lanjut Dinar, dari pengakuan remaja MI itu, dia mengaku disuruh oleh Agus yang belakangan tak bisa dijelaskan detail ciri-cirinya.

Sementara itu, Kapolsek Genteng Kompol Bayu Halim Nugroho membenarkan pelaporan tersebut. Saat ini pihaknya tengah mengembangkan kasus itu.

Sebelumnya kebakaran terjadi di lift Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Delta Plaza Surabaya, tepatnya di Jalan Pemuda, Embong Kaliasin, Genteng

Informasi yang dihimpun ERA, melalui laporan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya kejadian tersebut terjadi sekira pukul 06.24 WIB.

Tampak lift lantai dua JPO itu terbakar. Bahkan kobaran api tersebut sampai tersebar ke bawah lift.

Kepala DPKP Surabaya, Laksita Rini Sevriani menyampaikan penyebab kebakaran tersebut akibat konsleting listrik. “Panel di luar semua. Kerusakan ada di atas semua, yang di bawah aman,” kata Rini, melalui laporannya.

Beruntung peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa atau luka-luka. Saat kejadian, tidak ada warga yang menggunakan fasilitas lift JPO tersebut.