Pekan Depan DPR Akan Umumkan AKD dan Jumlah Komisi

ERA.id - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, alat kelengkapan dewan (AKD) dan jumlah komisi di parlemen akan diumumkan pekan depan, tepatnya Senin (14/10).

Diketahui, sejak pelantikan pada 1 Oktober lalu, DPR periode 2024-2029 baru menetapkan pimpinan DPR. Sementara AKD, termasuk komisk belum dibentuk.

"Terkait AKD dan komisi, nanti tanggal 14 (Oktober) akan kami umumkan," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Namun dia enggan membocorkan berapa pastinya jumlah komisi di DPR. Pada periode sebelumnya, komisi di DPR berjumlah 11.

Dasco mengatakan, saat ini pihaknya sedang memfinasilisasi jumlah AKD di periode 2024-2029. Dia menargetkan pembahasan rampung pada Jumat (11/10).

"Sekarang lagi tahap finalisasi, mudah-mudahan besok sudah selesai," katanya.

Sebelumnya, pimpinan DPR mempertimbangkan penambahan jumlah komisi di parlemen periode 2024-2029 diperkirakan menjadi 12 atau 13 komisi.

Namun belum ada keputusan pasti berapa tambahan jumlah komisi. Sebab belum mengetahui berapa banyak kementerian dan lembaga yang akan menjadi mitra kerja DPR di pemerintahan mendatang.

Sebab masih menunggu nomenklatur kabinet mendatang, maka DPR mempersiapkan satu atau dua tambahan komisi saja.

Pertimbangannya, jika penambahan kementerian dan lembaga mencapai lima atau enam, maka DPR cukup menambah satu komisi baru. Namun apabila lebih dari enam, maka jumlah komisi bisa bertambah dua.