Viral! Baby Sitter di Surabaya Cekoki Balita dengan Obat Penggemuk biar Mau Makan

ERA.id - Baby sitter atau pengasuh di Surabaya, Jawa Timur, diduga mencekoki obat penggemuk ke balita berusia dua tahun. 

Hal itu viral saat seorang ibu bercerita di akun media sosial instagramnya @linggra.k. Ia menyebut pengasuh yang menjaga anaknya diduga memberi obat penggemuk kepada bayinya tanpa sepengetahuannya.

Semua ini bermula dari kelakuan nanny (baby sitter) yang secara diam-diam tanpa sepengetahuan kita sebagai orang tua, memberikan obat penggemuk (obat penambah nafsu makan),” tulis Linggra. 

Saat diselidiki, obat yang dicekoki ke anaknya itu ternyata deksametason dan pronicy yang mengandung steroid. Obat ini menurutnya diperuntukkan bagi orang dewasa.

“Ini termasuk salah satu obat keras buat dewasa. Tapi ini diberikan kepada anak kita selama 1 tahun. Bayangkan,” ucapnya.

Akibat obat itu, hormon balitanya mengalami drop. Setelah berhenti mengonsumsi obat itu, anaknya tak mau makan bahkan sampai harus dilarikan ke rumah sakit.

Bahkan sampai anak ndak bisa hasilkan hormon kortisol (di mana hormon ini tuh penting banget utk kita sebagai manusia supaya bisa bergerak dan beraktivitas) Untung ini ketahuan,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jatim Kombes Farman mengatakan pihaknya kini tengah menyidik kasus tersebut. Bahkan, baby sitter yang dilaporkan oleh orang tua korban sudah diamankan di Polda Jatim untuk menjalani penyidikan.

“Sudah ditahan (baby sitter tersangka yang mencekoki bayi korban dengan obat penggemuk),” kata Farman.